Ironis, Pasar Cik Puan Sudah 6 Kali Terbakar, Siapa yang Salah?

Kebakaran-pasar-cik-puan5.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru bukan pertama kali terjadi. Menurut catatan Riauonline, api beberapa kali melahap salah satu pasar tertua di ibu kota Provinsi Riau ini sejak tahun 2009, 2011, 2012, 2013, dan 2015.

 

Si jago merah kembali melahap toko dan kios di Pasar Cik Puan, Minggu 19 Februari 2023. Para pedagang pun panik dan mengeluarkan  barang yang bisa diselamatkan.

 

"Terbakar lagi. Habisalah, rugi kita," ujar satu pemilik toko emas di Pasar Cik Puan.

 

Hal sama juga disampaikan pedagang lainnya, Ajo. Pemilik toko pakaian ini tak sempat menyelamatkan dagangannya. "Saya jualan baju dan tak ada yg tersisa, habis semua," ungkap Ajo.

 


Tak hanya toko emas maupun pakaian, sejumlah kios lainnya juga hangus terbakar. Ada toko sembako, barang harian, kios daging, bumbu-bumbu dan lainnya.

 

Belum diketahui pemicu timbulnya api. Namun tim pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api sejak pukul 16.00. Ada 10 unit mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

 

Hingga magrib, masih ada titik bara yang mesti dipadamkan. Asap hitam pekat membumbung ke udara dan ratusan warga berhamburan keluar melihat insiden kebakaran. 

 

Informasi sementara, belum diketahui adanya korban jiwa. Namun kerugian akibat pasar cik puan terbakar ditaksir capai miliaran rupiah.

 

Kebakaran di salah satu pasar tradisional tertua di Kota Pekanbaru ini bukan kali pertama.