Kondisi Jalan di Riau Tak Mulus, Bikin Ekonomi Tak Bagus?

Jalan-rusak16.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi infrastruktur jalan yang baik menjadi daya tarik setiap wilayah untuk mengundang wisatawan, misalnya. Sehingga, akses jalan yang ditempuh harus aman dan nyaman bagi pengendara. 

Melihat jalanan di Kota Pekanbaru dan jalan lintas baik kabupaten maupun nasional, siapa yang tak geleng kepala? Tak sedikit keluhan masyarakat muncul lantaran akses jalan yang minim perhatian. 

Kabid Perekonomian Bappeda Litbang Provinsi Riau, Abdul Madian, tak memungkiri infrastruktur jalan di Riau masih di bawah nasional. 

"Kami memohon ke pusat agar jalannya tetap baik agar pergerakan manusia tetap baik. Cukup besar di sektor PUPR agar tidak ada gape," ucapnya. 


2023 ini perbaikan jalan di Riau memang sedang getol-getolnya. Januari lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pun mengalokasikan sebesar Rp 866.046.722.830 untuk perbaikan dan pembangunan jalan kabupaten/kota se-Riau. 

"Konsentrasi perbaikan jalan itu merata, namun melihat prioritas di setiap kabupaten/kota. Merata bukan berarti 50 banding 50," urainya.

Kondisi jalan yang bagus akan berdampak pada sektor ekonomi. Melihat Dumai yang sudah memiliki tol akan memudahkan orang untuk menuju daerah tersebut, katanya, meski hanya sekadar makan gulai.

"Jika jalannya sudah mulus, pasti akan berdampak ke ekonomi," tutupnya.