RAPP Hadir dan Berkontribusi Demi Dukung Festival Pacu Jalur 2022

Pacu-jalur-ilustrasi.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, KUANSING - Sudah dua tahun festival pacu jalur tak digelar. Ajang balap perahu khas masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) itu terpaksa dihentikan karena pandemi.

Setelah penantian panjang, festival pacu jalur kembali digelar pada 2022. Hal ini tentunya sangat dinantikan masyarakat.

Dalam hal ini, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) turut berkontribusi dalam mendukung pelestarian pacu jalur. Terlebih lagi, festival pacu jalur telah masuk menjadi bagian Kharisma Nasional 2022.

Di tahun 2022 ini, festival pacu jalur kembali digelar. Hal ini menjadi pengobat rindu terhadap budaya asli yang diwariskan nenek moyang lebih dari seabad lalu.

General Manager (GM) Stakeholder Relations (SHR) RAPP, Wan Mohd Jakh Anza, mengatakan RAPP sangat berkomitmen dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan pacu jalur mulai di tingkat rayon dan beberapa ajang uji coba hingga pacu jalur tradisional di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kuansing.

Ia menyebut festival pacu jalur tahun ini menjadi pengobat kerinduan setelah sekian lama tak digelar di Bumi Lancang Kuning. Tahun ini Festival Pacu Jalur diikuti oleh 178 jalur.

"Dukungan RAPP bukan hanya pada acara puncak tapi mulai dari tingkat rayon, penyisihan sampai ke acara di Sungai Kuantan, itu semua kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten sesuai arahan Bupati Kuansing," ungkap Wan Jakh, saat pembukaan pacu jalur di Lapangan Limuno, Taluk Kuantan, Minggu, 21 Agustus 2022.

Pada festival pacu jalur tahun ini, Wan Jakh, menyebut pihaknya memberikan dukungan dalam bentuk sponsor untuk dua jalur, yakni Jalur Rajo Bujang RAPP, Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean dan Jalur Singa Ngarai RAPP, Desa Kalimanting, Kecamatan Benai.

"Secara keseluruhan total bantuan yang telah disalurkan mencapai sekitar Rp 700 jutaan, baik kepada panitia acara, jalur-jalur binaan dan kegiatan lainnya," katanya.

Selain itu, RAPP juga memperlihatkan bentuk kepeduliannya untuk melestarikan budaya ini dengan memberikan pembinaan setiap tahunnya kepada beberapa jalur milik masyarakat.

RAPP bahkan memberikan serta memfasilitasi masyarakat untuk pengambilan kayu jalur yang ada di hutan penyanggah atau green belt milik RAPP sepanjang semua administrasi terpenuhi dan tidak ada aturan yang dilanggar.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S Uno, membuka langsung festival pacu jalur Taluk Kuantan 2022. Hadir pula Wakil Menteri BPN/ATR, Raja Juliantoni, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal, dan para Forkompinda Kuansing, serta Kepala Daerah Kabupaten tetangga.