Pembangunan Tugu Roda Terbang dan Islamic Centre di Pekanbaru Disetop Sementara

Islamic-Center-di-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan di Komplek Perkantoran Wali Kota Pekanbaru di Tenayan Raya tahun ini dihentikan sementara. Pasalnya, anggaran pembangunan itu sudah digeser untuk program prioritas Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun 2023.

Pemko Pekanbaru menghentikan sementara pembangunan landscape Islamic Centre yang belum tuntas sepenuhnya. Mereka juga menunda rencana pembangunan Tugu Roda Terbang.

"Tidak ada (pembangunan, red) tahun ini. Kita prioritas penanganan di kota dulu, banjir, jalan berlubang, kemudian yang berkaitan dengan masyarakat," ujar Pj Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin, 16 Januari 2023.

Kelanjutan pembangunan Perkantoran Tenayan Raya itu masih membutuhkan anggaran yang cukup besar. Indra mengaku anggaran tahun ini diperuntukkan untuk program yang menyentuh masyarakat.

"Yang berkaitan dengan masyarakat, seperti santunan masyarakat, beasiswa. Jadi kita fokus ke situ dulu. Untuk saat ini Islamic Centre bangunan pendukungnya belum jadi, seperti sekolahan, TK, SD dan SMP Islam," jelasnya.

APBD murni Kota Pekanbaru tahun 2023 telah disahkan sebesar Rp 2,699 triliun, yang mengalami kenaikan sebesar 5,45 persen jika dibandingkan dengan APBD tahun 2022 lalu.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, menyebut tahun 2023 ini ada sejumlah program yang menjadi prioritas Pemko Pekanbaru. Mulai dari inflasi, penanganan banjir, pengelolaan sampah hingga soal jalan berlubang.

"Jadi memang ada beberapa program yang harus kita laksanakan dan menjadi prioritas di tahun 2023 mendatang," tutur Muflihun.

Selain itu, ada beberapa program yang ditambahkan Muflihun dalam prioritasnya. Di antaranya santunan kematian, beasiswa pelajar dan memberi makan orang terlantar.