Satu Rumah di Tenayan Raya Roboh Diterjang Longsor, 3 Orang Luka-luka

Rumah-roboh-diterjang-longsor.jpg
(Dok. BPBD Kota Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banjir masih menghantui masyarakat Kota Pekanbaru saat hujan deras mengguyur. Beberapa kawasan tergenang banjir akibat hujan deras pada Rabu, 21 Desember 2022, malam hingga dini hari.

Akibatnya, satu unit rumah di Kecamatan Tenayan Raya roboh diterjang longsor. Kondisi rumah hancur disapu air dan lumpur. Tiga orang penghuni rumah mengalami luka-luka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, mengatakan pihaknya turun langsung ke lokasi untuk melakukan peninjauan. Lokasi tepatnya di RT 03 RW 08 Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya.

"Untuk kondisi rumah sekarang ini hancur, terbawa longsor. Kalau korban ada tiga orang yang luka-luka. Dari keterangan warga sini, mereka sempat terbawa arus air deras tersebut, beruntung mereka masih selamat karena ada rumah di bawah itu kan," paparnya.

Zarman mengatakan, luapan air disebabkan waduk yang ada di lokasi tak sanggup lagi menampung air. Akibatnya, air pun melimpah bersama lumpur hingga menyebabkan satu rumah hancur.

"Sebenarnya di dalam rumah itu ada sembilan orang, yang enam memang keluarga di situ dan tiga orang lainnya saudaranya yang menginap di rumah itu. Tapi yang mengalami luka tiga orang," jelasnya.

Saat ini ketiga korban sudah diberikan tindakan dan penanganan tenaga medis dari Dinas Kesehatan. Untuk sementara, korban akan menginap di rumah saudaranya yang tak jauh dari lokasi. Selain itu BPBD juga sudah mendirikan tenda di lokasi tersebut.

"Selain satu rumah yang hancur, ada empat rumah lainnya yang terdampak. Namun memang tidak hancur, jadi rumahnya itu masuk air bercampur lumpur," tambahnya.

Zarman menyampaikan, potensi curah hujan yang tinggi masih mungkin terjadi hingga akhir tahun 2022. Adanya peralihan cuaca cukup ekstrem juga patut diwaspadai masyarakat.

"Pagi bisa cuaca panas, siang bisa saja tiba-tiba hujan, sehingga kita bisa melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem," ungkapnya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di lokasi rawan terdampak banjir. Ia mengingatkan masyarakat agar siaga terhadap bencana.

"Kita masih ada potensi hujan dan cuaca ekstrem, maka kita tetap waspada sejak dini, kita ambil langkah antisipasi," pungkasnya.