Pupuk Minat Baca, Dompet Dhuafa Riau Bentuk TBM Sehati Kawasan Sehat

peresmian-taman-baca-dompet-duafa.jpg
(Humas Dompet Dhuafa Riau)

Laporan: Indah Lestari 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dompet Dhuafa (DD) Riau resmikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Sehati Kawasan Sehat, pada Senin 21 November 2022.

Dimeriahkan beragam jenis perlombaan, acara ini diselenggarakan di Masjid Paripurna Al-Anshor, Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Peresmian tersebut dihadiri banyak tokoh penting, di antaranya oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

Mimi menyambut baik sekali pembentukan TBM Sehati. Dia melihat ini sebagai upaya meringankan kerja pemerintah untuk memupuk minat baca masyarakat, terkhusus anak-anak. Melahirkan generasi cinta buku.

 


"Indonesia kita ini masih rendah minat dan daya bacanya. Jadi terbangunnya TBM Sehati ini suatu hal yang positif dan harus diapresiasi, juga disokong bersama," ujar Mimi saat meresmikan acara tersebut.

Di momen yang sama, DD tuai pujian dan semangat dari DPRD kota. Sabarudi mengatakan, TBM Sehati ini merupakan terobosan luar biasa. Mengartikan DD Riau giat dan serius dalam mengupayakan generasi muda cerdas secara pendidikan dan literasi.

Selain TBM, DD Riau juga senantiasa fasilitasi kesehatan gratis, melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Diikuti program lain, seperti Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) sebulan sekali, penyuluhan, senam sehat, dan pemeriksaan kehamilan, serta nifas yang dilakukan dua kali seminggu.

Lurah Industri Tenayan, M Setya Chandra Wijaya berharap, hal ini dapat memantik semangat baca dan memajukan literasi masyarakat sekitar.

"Saya berterima kasih kepada DD Riau, yang telah berkontribusi besar untuk kesejahteraan masyarakat kami, sudah dua tahun terakhir ini," ungkapnya.

Dompet Dhuafa Riau berkomitmen, agar terus mengembangkan program di daerah Kawasan Sehat DD. Bukan hanya berbasis kesehatan, tetapi ke depannya juga merambah berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi dan bidang-bidang lainnya.