Beri Perlindungan Tambahan, Diskes Siapkan Vaksin Dosis Kedua untuk Lansia

Vaksinisasi-lansia6.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mulai memberikan pelayanan penyuntikan vaksin booster dosis tahap dua bagi warga lanjut usia atau lansia.

 

Kebijakan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia.

 

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan pelayanan vaksinasi booster ini bisa didapatkan warga di seluruh puskesmas, rumah sakit rujukan covid, serta di Mal Vaksinasi dan Imunisasi.

 

 


 "Itu bisa diakses atau didapatkan oleh masyarakat secara gratis," ujar Zaini Rizaldy, Kamis 24 November 2022. 

 

Ia menjelaskan mengenai ketersediaan vaksin dalam melayani booster kedua bagi para lansia, terbilang cukup.

 

"Tapi vaksin ini sekarang kita tempatkan di provinsi. Karena saat ini kan di lapangan antusias masyarakat itu kurang. Jadi kalau memang ada masyarakat yang mau, kita tinggal minta ke provinsi," tandasnya. 

 

Lanjut dia, terkait penempatan vaksin di provinsi tersebut bertujuan untuk memperpanjang masa expired atau kedaluwarsa vaksin.

 

 

 

 "Karena vaksin ini harus disimpan di suhu minus 70 (derajat celcius) sehingga dapat bertahan lebih lama. Kalau tidak disimpan pada suhu sangat dingin, maka vaksin dapat rusak dan tidak bisa digunakan. Selain itu, tempat penyimpanan vaksin kita juga terbatas, makanya kita tempatkan di provinsi. Kalau ada yang mau (divaksin), kita tinggal minta sesuai kebutuhan," pungkasnya.