13 Tim Siap Gowes dalam Tour de Siak Desember Mendatang

Kadispar-riau-saat-konpres.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perhelatan olahraga balap sepeda Tour de Siak (TDS) yang ke-8 akan dimulai pada 1-4 Desember 2022 mendatang. 

Tour de Siak diawali dengan parade atlet dan opening ceremony Tour de Siak pada 1 Desember 2022 di Kabupaten Siak, Riau.

Ada tiga etape yang akan dilintasi para pebalap sepeda pada Tour de Siak tahun ini. Pertama Siak City Race sepanjang 84 km, etape kedua Siak-Pekanbaru sepanjang 130 km, dan etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120 km. 

Peserta ajang balap sepeda internasional ini akan menyusuri etape pertama pada 2 Desember 2022. Dilanjutkan dengan etape 3 pada 3 Desember 2022, dan pada 4 Desember 2022 peserta akan menutup perlombaaan di etape 4 sekaligus closing ceremony Tour de Siak di Pekanbaru.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Roni Rakhmat, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), Erisman Yahya, mengatakan sebanyak 13 tim telah mendaftar untuk perhelatan Tour de Siak 2022. 


Dari 13 tim yang mendaftar Tour de Siak, 5 tim di antaranya berasal dari luar negeri. Yakni masing-masing satu tim dari Singapura, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sedangkan 2 tim lainnya dari Negeri Jiran, Malaysia.

"Sedangkan untuk tim dalam negeri, Jakarta 3 tim, Malang 1 tim, Yogyakarta 1 tim, Bandung 1 tim, Pontianak 1 tim. dan Riau 1 tim," ujar Roni Rakhmat dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta, Kota Pekanbaru, Kamis, 24 November 2022.

Sedangkan untuk acara penutupan Tour de Siak, rencananya akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. Penutupan Tour de Siak akan dimeriahkan oleh Woy Band dan Erick Sihotang.

"Kepada seluruh masyarakat Riau, dengan adanya TDS ini semoga, kita dapat mempromosikan segala potensi yang dimiliki dengan bazar ekonomi kreatif lokal yang dimiliki serta memperkenalkan wisata Riau kepada mereka," harap Roni. 

Roni menyebut sekitar 2.470 personel gabungan TNI-Polri akan disiagakan untuk pengamanan Tour de Siak.

"Kita juga di backup oleh personel gabungan TNI-Polri dalam melaksanakan kegiatan Tour de Siak. Semoga kegiatan ini dapat mempromosikan ekonomi kreatif lokal yang dimiliki," pungkasnya.