Azlaini Agus Undur Diri dan Pindah ke PKS, Begini Tanggapan PAN Riau

Azlaini-Agus-di-acara-PKS.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, Hj Azlaini Agus, mengundurkan diri dari partai tersebut.

Anggota DPR RI 2004-2009 dari PAN ini mundur dari partai yang ia dirikan dan besarkan sejak 1 Oktober 2022 dengan mengirimkan surat pengunduran diri ditujukan ke Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Namun, PAN Riau enggan menanggapi kabar Azlaini Agus yang mengundurkan diri.

"Ya itu bagian dari pilihannya," singkat Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau, Sahidin, melalui pesan WhatsApp, Selasa, 8 November 2022.

Setelah undur diri dari PAN, Azlaini Agus menjatuhkan pilihan politiknya ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


"Saya memilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) guna salurkan hak-hak politik saya. Ada 3 hal alasan Bunda (sapaan akrabnya) bergabung dengan PKS," jelasnya.

Menurut Azlaini Agus, PKS masih konsisten mewujudkan kehidupan demokrasi yang sehat dengan Checks and Balances terhadap penyelenggaraan negara. Dibuktikan dengan sikap menjadi oposisi PKS terhadap rezim berkuasa saat ini.


Azlaini menjelaskan, meskipun PKS dikategorikan sebagai partai menengah, tapi keberanian partai dakwah ini jadi oposisi menunjukkan keteguhan dan ketegaran partai tersebut wujudkan demokrasi yang sehat, apapun risikonya.

"Kita sadar betul, tidak semua partai berani mengambil sikap demikian. Bahkan partai-partai besar pun tidak cukup berani menjadi barisan oposisi," kata Wakil Ketua Ombudsman Republik Indonesia itu.