Bersepeda Sambil Berwisata, 2 Event Ini Wajib Penggemar Gowes Ikuti

Laporan Indah Lestari 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-

Dinas Pariwisata Provinsi Riau kembali hadirkan event gowesnya, dalam dua bulan ke depan.

Bulan ini Dinas Pariwisata Riau juga meluncurkan event terbarunya. Khususnya buat para penggemar gowes atau biking. Apa saja? Mari simak artikel berikut!

 

 

 

1. Tour de Muara Takus


Tour de Muara Takus atau Tdm, baru akan digelar untuk pertama kalinya, pada bulan ini. Event balap sepeda santai atau disebut juga fun race.



Tdm merupakan event kolaborasi Dinas Pariwisata Provinsi Riau dengan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Event ini dibuka untuk masyarakat umum, tingkat regional.


Rute dari Tdm sendiri yaitu Pekanbaru menuju Kabupaten Kampar. Berlatar situs bersejarah Candi Muara Takus, kultur, serta pesona alamnya.


Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyebutkan, meski perdana, tetapi Tdm telah berhasil menggaet ratusan pendaftar. Nantinya, event ini akan dilangsungkan di tanggal 12 November 2022.



2. Tour de Siak


Tour de Siak (Tdsi) merupakan helat balap sepeda internasional, dari Kota Pekanbaru menuju Siak. Sempat tentunda dua tahun lamanya dikarenakan pandemi, kini Tdsi kembali digelar di bumi Lancang Kuning.


Berbeda dengan Tour de Muara Takus yang terbuka untuk umum, Tour de Siak hanya boleh diikuti khusus pembalab sepeda kelas internasional. Tentunya dengan standar yang sudah ditetapkan.


Kadispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, pada kali ini ada total 14 tim yang akan mengikuti Tdsi. Sembilan tim dari Riau dan lima tim dari luar negeri.


 

 

Negara-negara tersebut adalah Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia dan Singapura, serta Indonesia yang diwakili oleh Riau.


Tak hanya menampilkan aksi pembalap sepeda kelas dunia. Event yang akan dimulai pada tanggal 1, hingga 4 Desember ini juga menampilkan wajah pesona alam, kultur dan uniknya budaya dari Kabupaten Siak Sri Indrapura.


Itulah dua event menarik yang sobat gowes wajib ikuti. Berolahraga sambil menikmati indanya pesona alam dan budaya daerah Riau.