Intervensi Stunting, Dinkes Riau Ajak Perempuan Konsumsi TTD

Kepala-Dinas-Kesehatan-Dinkes-Provinsi-Riau-Zainal-Arifin4.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengungkapkan dalam Aksi Gizi, kepatuhan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada perempuan menjadi upaya strategis mengintervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting 

"Misalnya ada anak perempuan yang segan bercerita mengalami menstruasi pertama. Jadi perempuan yang mengalami haid maka setiap minggu artinya satu tablet tambah darah per minggunya," ujarnya usai acara Aksi Gizi di SMAN 8 Pekanbaru, Rabu, 26 Oktober 2022.  

Seiring dengan kegiatan Aksi Gizi ini, diharapkan Zainal, dapat berjalan rutin setiap minggu sesuai dengan kesepakatan dan kesediaan sekolah. Sehingga sekolah, guru, orang tua, dan siswa berperan penting dalam kegiatan ini.

Zainal menyebut kepatuhan konsumsi TDD memang disarankan. Namun, dapat disesuaikan jika kondisi gizi tidak bermasalah.


Menteri Kesehatan (Menkes) RI, turut mengingatkan pentingnya konsumsi TTD. Dalam temu virtual Aksi Gizi Nasional, dia menyebutkan jika ditemukan HB darah di bawah 12 maka perlu dibantu dengan konsumsi TTD.

"Dan kalau sudah di atas 12, ya mudah-mudahan sehat terus dijaga, makanya dijaga. Jangan sampai anemia" pungkasnya. 

Selain konsumsi TTD, di kesempatan Aksi Gizi ini, Dinkes Riau juga mensosialisasikan edukasi gizi multisektor yang bertujuan untuk mempromosikan asupan makanan sehat dan aktivitas fisik.