Digelar November Mendatang, Cek Lokasi Tour de Muara Takus di Kampar

Tour-de-Muara-Takus.jpg
(tourdemuaratakus.com)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tour de Muara Takus akan segera digelar pada 1 November 2022 mendatang. Penjabat (PJ) Bupati Kampar, Kamsol, menyebut olahraga balap sepeda ini tak hanya event nasional, tapi internasional.

"Kemarin saya sudah dipanggil Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Kapolda, bahwa Tour de Muara Takus yang dilaksanakan ISSI Riau dan ISSI Nasional insya Allah akan dilepas Pak Kapolri," ungkapnya, Selasa, 25 Oktober 2022

Kamsol menyebut pembukaan start awal dimulai pukul 06.00 pagi, berlokasi di Mapolda Riau Jalan Patimura, Kecamatan Sail, Pekanbaru. 

Kamsol menyebut tiga pitch stop telah dipersiapkan untuk Tour tde Muara Takus dengan Kabupaten sebagai objek lintasannya. 

"Jadi pertama, pit stopnya di Istana Kampa," ucap Kamsol. 


Istana Kampa dijadikan pit stop pertama karena merupakan objek budaya yang menjadi bagian sportourism. Nantinya di Istana Kampa disediakan hiburan daerah, kuliner daerah, sekaligus tempat para biker beristirahat selama 10 sampai 15 menit. 

Pit stop kedua, ujar Kamsol, berlokasi di Balai Bupati. Dikatakan Kamsol, waktu tempuhnya cukup lama, diperkirakan setengah jam sampai satu jam.

"Itu udah separuh dari perjalanan, ada loading lagi di sana, dari separuhnya berangkat, mungkin separuh yang melanjutkan ke Muara Takus," paparnya. 

Sedangkan pit stop ketiga, sebutnya, ada di Puncak Kompe. Lokasi ini berada di dermaga antara Muara takus dan balai. Di sana disediakan tempat berhenti sejenak untuk bikers sport mengambil napas. 

"Mungkin 10 -15 menit, lanjut ke Candi Muara Takus. Diperkirakan masuk ke Candi Muara Takus 1 sampai 2 jam sampai di sana,” ungkapnya.

Kamsol menjelaskan, acara puncak Tour de Muara Takus akan digelar di Candi Muara Takus. Nantinya bakal ada pasar murah, bantuan sembako, dan hiburan rakyat, hingga pembagian hadiah yang dilangsungkan ISSI dan Pemda Kampar hingga Pemprov Riau.