Jalan Suka Karya Rusak Parah dan Tergenang Air, Warga: Rasa Melintasi Kubangan

Jalan-Suka-Karya-rusak-parah.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ruas Jalan Suka Karya, Jalan Cipta Karya, dan Jalan Purwodadi, Kota Pekanbaru, mengalami rusak parah. Para pengguna jalan maupun pengendara mesti berhati-hati saat melintas. 

Kondisi ruas jalan rusak itu kerap tergenang air, lantaran ukuran lubang jalan cukup besar. Padahal masyarakat setiap harinya melintasi ruas jalan tersebut.

Pemandangan ini terlihat di Jalan Purwodadi ketika kendaraan melintasi kawasan tersebut.  Genangan air cukup banyak terlihat di Jalan Suka Karya. Sejumlah masyarakat yang gerah bahkan menaruh kursi plastik di tengah jalan.

"Tiap hari mau pergi kerja, rasa melintasi kubangan. Entah kapan diperbaiki," kata Budiman,  satu pengendara di Jalan Suka Karya, Kamis, 20 Oktober 2022.

Dirinya berharap nantinya pihak terkait bisa melakukan perbaikan terhadap ruas jalan rusak tersebut. Apalagi kerusakan ini sudah berlangsung lama sehingga masyarakat terpaksa melintas di sana.

Banyak ruas jalan di Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru, mengalami rusak berat. Padahal jalan ini menjadi akses antar kelurahan dan terhubung ke Jalan HR Soebrantas, serta ruas jalan lainnya. 


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, sudah mendapat laporan terkait kerusakan ruas di Jalan Suka Karya. Ia menyebut, panjang ruas jalan rusak di sana mencapai 150 meter.

"Kerusakan ruas jalan itu karena kondisi drainase yang tidak bagus, sehingga saat jalan ditambal tergenang, lantas rusak lagi," paparnya.

Menurutnya, kawasan itu mesti dilakukan perbaikan terhadap drainase lebih dahulu. Ia mengaku ada kendala dalam perbaikan drainase di Jalan Suka Karya.

Satu kendalanya, banyak pemilik bangunan memasang beton ukuran kecil sebagai drainase. Akibatnya badan air menyempit sehingga tidak mengalir dengan baik.

Pihaknya juga kesulitan untuk mengeruk drainase. Ia menyarankan lurah dan camat bisa mengajak masyarakat untuk gotong royong membersihkan drainase.

"Jadi nanti kita buka drainase yang sudah ditutup dengan beton," jelasnya. 

Indra mengatakan bahwa proses overlay baru berlangsung pada tahun 2023 mendatang. Perbaikan serupa juga dilakukan di Jalan Purwodadi dan Jalan Cipta Karya.

"Untuk sementara kita bakal tambal sulam secepatnya, kalau ada berlubang langsung kita tambal sulam," ungkapnya.