Rangkaian Hari Batik, Annual Fashion Show 2022 Hadirkan Aneka Motif Batik Riau

Batik-riau.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sejumlah motif Batik Riau diperkenalkan pada iven Annual Fashion Show 2022 yang berlangsung atrium utama Living World Pekanbaru. Di antaranya Batik Seroja Dara, Batik Bono Pelalawan, hingga Batik Seruni.

Ajang fashion show ini tidak cuma menghadirkan para model dan desainer di atas panggung. Ada juga 15 pengrajin batik hadir dalam fashion show tersebut.

"Jadi, konsepnya yakni fashion show yang menampilkan desainer dan pengajian. Mereka naik ke atas panggung tak hanya sekadar menampilkan busana dan model. Namun juga mesti mempunyai wawasan seputar batik," ujar Koordinator Iven Besi Berani Kreatif, Yudha.

Para Pengrajin Batik Riau, desainer dan Besi Berani Kreatif berkolaborasi menggelar iven ini bertujuan mengangkat Batik Riau ke kancah global. Mereka juga mendapat dukungan dari sejumlah sponsor dan berbagai pihak dalam ajang fashion ini.

Lebih lanjut Yudha menyampaikan bahwa fashion show ini menghadirkan aneka kreasi Batik Riau dengan beragam motif. Puluhan model menampilkan aneka busana kreasi Batik Riau.


Total ada 77 model memperagakan aneka kreasi busana batik Riau. Batik yang diperagakan merupakan hasil kreativitas Batik Riau dari 15 desainer dan 15 pengrajin batik. 

"Jadi pada iven ini kita tidak hanya menghadirkan para model yang memperagakan busana hasil kreasi desainer, tapi kita juga hadirkan pengrajin batiknya," ungkapnya.

Puncak iven fashion tersebut berlangsung hari Minggu 2 Oktober 2022. Mereka menghadirkan para Finalis Duta Batik Riau, yakni kawula muda yang bakal menjadi duta untuk memperkenalkan Batik Riau.

Yudha mengatakan bahwa ada sepuluh orang yang terpilih sebagai Finalis Duta Batik Riau. Mereka merupakan anak muda terpilih dari puluhan peserta yang ambil bagian dalam iven Fashion Show.

Dirinya berharap dengan iven ini para Duta Batik Riau bisa memperkenalkan Batik Riau. Adanya iven ini juga bertujuan agar Batik Riau lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

Yudha mengatakan bahwa rangkaian iven fashion show sudah bergulir sejak, Selasa 27 September 2022. Ada sejumlah kegiatan digelar di antaranya beauty class, sejumlah penampilan musik hingga talkshow dan pengukuhan anggota Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Riau.

Talkshow ini menghadirkan sejumlah pembicara yakni Maria Cahyaningtiyas (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Riau), Sundari Berlian (Perwakilan APR), Arni Ningsih (Asosiasi Perstekstilan Indonesia), Abdi Abadi Pelawi (Praktisi Pengembangan UMKM Riau), Siti Nurbaya (Pengajian Batik) dan Andiny Yuliani (Desainer).