Kunker ke Riau, Mendag Sampaikan Capaian 100 Hari Kerjanya

Zulhas-kuliah-umum-di-Umri2.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan capaian 100 hari kerjanya saat mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru,  Senin, 26 September 2022 

Sejak dilantik pada 25 Juni lalu, Zulkifli memaparkan, capaian kinerjanya dalam menstabilkan harga pangan, seperti minyak goreng yang sebelumnya sempat mengalami kenaikan.  

"Minyak Kita, harga minyak makan curah sudah mencapai Rp 13.500, yang minyak makan brand ada mereknya juga sudah turun jauh yang dulu Rp 20 ribu sekarang sudah Rp 18.500. Nanti bisa dilihat di pasar tadi saya baru dari Pasar Cik Puan," ujarnya. 

Selain minyak goreng, bahan pokok mulai dari  harga cabai turut disebut Zulkifli sebagai pencapaian kinerja 100 harinya yang sempat naik begitu signifikan lantaran kondisi inflasi. 


"Harga cabai keriting, cabai rawit, cabai merah besar waktu saya dilantik Rp 120 ribu dalam satu kilo, saya lihat sekarang di pasar sudah Rp 50 ribu per kilonya," paparnya.  

Kemudian ada harga bawang yang mengalami penurunan. Dikatakan Zulkifli, sebelumnya komoditas bawang harganya Rp 80 ribu per kilo, kini perbandingan harganya per kg menjadi R 30 ribu. 

Lalu harga ayam yang sebelumnya berada di kisaran Rp 40 ribu per kg kini jadi Rp 35 ribu. 

"Saya baru ke pasar tadi beli ayam 10 kilogram, saya beli cabai tadi lima kilogram kilogram saya bagi ke ibu-ibu. Telur Rp 27 ribu satu kilo, dulu Rp 32 ribu," ujarnya.

Namun, diakui Zulkifli, harga beras masih mengalami kenaikan harga. "Tapi yang beras bulog tetap harganya,, karena beras bulog naik berapapun selisih harga disubsidi oleh pemerintah. Jadi tidak boleh ada warga Indonesia yang nggak bisa beli beras," katanya.