Tim Saber Pungli Riau Apresiasi Peningkatan Layanan di Kantor BPN Pekanbaru

BPN-Pekanbaru.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tim Saber Pungli Provinsi Riau melakukan peninjauan layanan di Kantor Pertanahan Pekanbaru atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru, Senin 19 September 2022.

Dalam tinjauannya, tim melihat langsung layanan di kantor tersebut. Mereka juga berbincang langsung dengan masyarakat yang sedang melakukan pengurusan di loket pelayanan.

Kedatangan tim dalam kunjungan kerja koordinasi serta sosialisasi yang dilakukan Tim Saber Pungli Riau. Rombongan dipimpin oleh Asisten Pembinaan Kejati Riau, Robin Sitorus bersama unsur dari Polda Riau dan Kanwil BPN Riau.

Dirinya menilai BPN Pekanbaru layak menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Terlebih adanya sejumlah inovasi layanan yang memadai.

"Kami melihat BPN Pekanbaru luar biasa, Kantor BPN Pekanbaru memang layak WBBM, karena fasilitasnya lumayan hebat," ungkapnya.

Robin menilai pelayanan DI BPN Pekanbaru juga sangat baik. Ia berharap semua itu bukan hanya slogan dan bisa meningkatkan kinerja pelayanan bagi masyarakat.

"Jangan sampai ini hanya slogan, kami tidak mau kami pulang, tiba- tiba ada yang kena tim saber pungli," ucapnya.


Tim juga melihat sejumlah loket layanan inovasi BPN Pekanbaru. Terdapat  loket prioritas bagi masyarakat lansia. Mereka bisa mengurus sendiri bidang tanahnya tanpa kuasa. Masyarakat yang tinggal jauh dari Kantor BPN Pekanbaru juga bisa mendapat layanan di loket ini.

Tim juga melihat langsung aktivitas di Command Centre BPN Pekanbaru. Ruangan ini untuk melayani masyarakat yang bertanya lewat layanan Whats App Halo Kakan (Kepala Kantor).

Nantinya tim di Command Centre bakal menjawab pertanyaan masyarakat seputar masalah pertanahan. Rombongan tim Saber Pungli Provinsi Riau juga meninjau sejumlah ruangan Kantor BPN Pekanbaru.

 

Sementara itu, Kepala BPN Pekanbaru, Memby U Pratama menyampaikan, kedatangan tim sebagai bentuk koordinasi dengan Tim Saber Pungli Riau. Ia menyebut bahwa BPN Pekanbaru menjadi lokasi uji petik atau percontohan satgas tersebut.

"Kami sudah persiapkan semuanya, kami bisa menunjukkan bahwa kami memang layak WBBM dan layak menjadi contoh, tidak adanya pungli di lingkungan BPN," kata Memby.