Rentan Terpapar Obat-obatan Terlarang, Bupati Siak Ajak Pelajar Jadi Pelopor Anti Narkoba

Bupati-Siak-Afedri-di-SMA-Mempura.jpg
(Istimewa)

 

RIAUONLINE, SIAK - Bupati Siak, Alfedri, melalukan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba dan Prekusor Narkotika (P4GN) di Aula Panglima Jimbam SMA 1 Negeri Mempura, Kabupaten Siak, Kamis, 15 September 2022.

Dengan mengusung tema "Peran Serta Pelajar dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika di Kabupaten Siak" Bupati Alfedri meminta para pelajar siap menjadi pelopor pelajar anti narkoba

"Mari Bersama-sama perangi narkoba dengan berlandaskan beriman, bertaqwa dan raih prestasi," ucap Alfedri.

Tepuk riuh tangan para pelajar SMAN 1 Mempura sembari mengatakan "bersedia" terdengar saat Bupati Alfedri menyampaikan pesan nasihat sekaligus ajakan.

"Apakah ananda siswa-siswi sekalian bersedia menjadi pelopor pelajar yang anti dengan narkoba, dan bersedia melawan upaya penyebaran narkoba di sekolah kita?" ajak Alfedri.

Pelajar saat ini sangat rentan dengan penyalahgunaan peredaran narkoba, dikarenakan masa produktif pelajar menjadi sasaran oleh perilaku menyimpang oleh pihak yang mencari keuntungan melalui barang haram, narkoba.

 


 

Oleh karena itu, kata Alfedri, pelajar sekalian pahami apa itu profil pelajar pancasila dengan berlandaskan beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

"Maka, kami mengajak adik-adik pelajar SMA 1 Negeri Mempura tentu ingin cita-citanya terkabulkan, maka menuntut ilmu itu juga merupakan ibadah, baik ilmu dunia dan agama, oleh kerena itu isilah waktu luang dengan kegiatan seperti aktif bersama Pramuka, menyalurkan hobi dalam berolahraga dan rajinlah membantu orang tuamu serta kegiatan positif lainnya," ungkap Alfedri.

Alfedri memaparkan, semangat agar para pelajar terhindar dari hal-hal negatif, maka perlu kiranya menambah pengetahuan umum tentang dampak buruk pengunaan narkoba dan merusak syaraf-syaraf organ penting tubuh manusia.

 

 

Tentunya mengetahui dampak buruk tersebut, Bupati Alfedri berinteratif dengan siswa/i untuk menjawab pertanyaan yang di arakan kepada pelajar dan sebagai penyemangat, tentu Bupati Alfedri selalu memberi imbalan hadiah langsung atas jawaban-jawaban para pelajar.

Pemerintah Kabupaten Siak, sangat peduli akan pendidikan para pelajar Kabupaten Siak terhadap dampak buruk terhadap peredaran narkoba.

Maka melalui kegiatan sosialisasi P4GN ini yang ditaja oleh Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Siak bersama Dinas Kesehatan, Satuan Narkoba Polres Siak, dan Fasilitator/Motivator P4GN Kabupaten Siak, yang memberi pemahaman tentang pentingnya memerangi dan melawan peredaran narkoba di kalangan pelajar maupun masyarakat umum.