Pasar Sail Kini Dipegang Pemko Pekanbaru Usai 20 Tahun Dikelola Pihak Ketiga

Pasar-Sail-Pekanbaru.jpg
(Zonacerdas.net/Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Pengolaan Pasar Sail saat ini dipegang oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru setelah 20 tahun dikelola pihak ketiga. Pengelolaan Pasar Sail oleh pihak ketiga atau swasta telah berakhir.

PT Riau Kerta Raharja tak lagi mengelola pasar yang berada di Jalan Hangtuah, Pekanbaru itu. Sama seperti pengelolaan Pasar Bawah, pengelolaan Pasar Sail berakhir dari mitra yang lama ini.

"Masa pengelolaan Pasar Sail sudah berakhir oleh pihak swasta. Untuk sementara, kami yang mengelola Pasar Sail," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu 14 September 2022.

 

 


Ingot mengatakan, proses lelang akan dilakukan jika ada pihak ketiga yang ingin mengelola Pasar Sail. Pihaknya juga menghitung nilai aset Pemko Pekanbaru yang ada di Pasar Sail.

"Belum ada peminatnya hingga sekarang. Masa berakhirnya juga hampir sama dengan Pasar Bawah. Jika ada pihak ketiga yang ingin mengelola Pasar Sail, kami harus buat lagi Detail Engineering Design (DED). Ini butuh pembiayaan," ucap Ingot.

Sementara untuk Pasar Bawah, kata Ingot, saat ini sudah ada pihak yang ingin mengelola. "Setelah kami kaji, kemudian proses pemilihan mitra. Karena wali kota saat itu menyetujui adanya Kerja Sama Pemanfaatan," jelas Ingot.

 

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, menyebut Pemko Pekanbaru akan kembali mencari investor untuk pengelolaan Pasar Sail. Namun mereka bakal mengkaji terlebih dahulu.

"Mana lebih banyak untungnya dikelola dinas atau diserahkan pengelolaannya ke pihak ketiga," jelasnya.

Pemko Pekanbaru menyerahkan pengelolaan pasar kepada pihak ketiga sejak tahun 2000-an. Dua pasar yang dikelola sudah habis masa pengelolaannya oleh pihak ketiga, yaitu Pasar Bawah dan Pasar Sail.