Penampakan Beruang Madu Bermain di Kolong Rumah Warga di Pelalawan

Beruang-madu4.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Beredar video di media sosial seekor  penampakan beruang madu bermain di kolong rumah warga di pelalawan.

Beruang Madu bermain di bawah rumah panggung di Kelurahan Bunut, Kecamatan Bunut, Pelalawan.

Dari video itu, terlihat jelas hewan buas jenis beruang madu tersebut tengah asik bermain di bawah rumah salah satu penduduk yang telah lama tak ditempati.

 

 

"Informasi dari warga kami, pagi tadi mereka melihat di bawah bangunan kosong yang sudah tak berpenghuni," ungkap Muhammad Jali, ketua RT, bersama warga Dusun Sei Medang, Kelurahan Bunut.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi  Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar mengatakan, pada hari Selasa, 30 Agustus 2022, ada seorang warga yang melihat seekor beruang sedang berada di bawah rumah panggung.

 

“Pada hari Selasa sekitar jam 09.00 WIB warga melihat seekor beruang berada di halaman rumah warga, rumah itu dalam keadaan kosong dan kondisi beruang itu cukup sehat dan normal,” jelasnya, Rabu, 31 Agustus 2022.

 


Usai menerima laporan, petugas BBKSDA Riau kemudian menuju lokasi namun keberadaan beruang sudah tidak di sana.

 

“Warga tersebut melaporkan ke BBKSDA lalu pada saat itu petugas ke lokasi, namun beruang tidak ada di sana lagi. Beruang tersebut bermain di tempat itu dan tidak mengganggu warga,” ujar Andri.

 

Sebelumnya, BBSKDA sudah menerima tiga kali laporan dan sudah dilakukan upaya evakuasi terhadap beruang dengan memasang kandang jebak selama dua minggu di lokasi tersebut.

 

“Jenis satwa Beruang Madu usia 6 sampai 7 tahun, dilihat dari perilakunya masih normal dan tidak mengganggu,” tuturnya.

 

 

Diduga beruang masuk ke pemukiman warga karena jarak habitat beruang tidak jauh dari rumah tersebut.

 

“Secara hasil observasi, lokasi itu tidak jauh dari hutan hingga kita yakini bahwa hutan di belakang rumah tersebut menjadi tempat bermain satwa liar tersebut,” tutupnya.