Ribuan Sarjana Menganggur di Pekanbaru karena Minimnya Lapangan Pekerjaan

Lowongan-kerja.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Kepala Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyebut bahwa sesuai data dinas, jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai ribuan orang. Namun  lowongan yang tersedia di Kota Pekanbaru hanya ratusan.

 

Jamal mengaku dari ratusan lowongan kerja yang tersedia, sebagian besar sudah terisi. Ia mengungkapkan, dari 413 lowongan yang sudah terisi 360 lowongan.

 

"Kita lihat dari data pencari kerja capai ribuan, tapi lowongan kerja hanya ratusan," jelasnya, Kamis 18 Agustus 2022.

 

Dirinya menjelaskan bahwa para pencari kerja yang terdaftar kebanyakan lulusan S1. Jumlah pencari kerja yang terdata berstatus sarjana mencapai 2.116 orang. Kemudian terbanyak kedua merupakan lulusan SLTA, mencapai 1.726 orang.

 

Disnaker mendata, lowongan yang tersedia kebanyakan bagi lulusan SLTA, jumlahnya mencapai 279 lowongan kerja.

 


Lowongan pekerjaan yang tersedia di Kota Pekanbaru tidak mampu menampung pencari kerja yang terdaftar. Data dari Disnaker Kota Pekanbaru, total jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai 4.149 orang. 

 

 

Jumlah lowongan yang tersedia hanya sekitar 10 persen dari total pencari kerja yang ada. Jamal menyampaikan bahwa pencari kerja yang terdata di Disnaker nantinya bakal terhubung dengan penyedia kerja.

 

Ia mengatakan, pihak dinas menghubungkan keduanya agar pencari kerja bisa mendapat pekerjaan sesuai dengan kualifikasi dari penyedia kerja.