Polda Riau: Ada Beberapa SPBU di Riau Lakukan Pelanggaran Pendistribusian Solar

Antri-Solar6.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan, mengatakan ada beberapa SPBU di Riau yang melakukan pelanggaran terkait pendistribusian BBM jenis Solar.

Hal ini disampaikan Kombes Ferry usai terjadinya kelangkaan minyak BBM jenis solar di beberapa SPBU di Provinsi Riau.

Ferry menduga, SPBU telah menyalahi aturan pemerintah terkait pendistribusian BBB Solar bersubsidi sehingga terjadi kelangkaan.

"Ada beberapa SPBU yang melakukan pelanggaran," tegas Kombes Ferry kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 15 Agustus 2022.

Kombes Ferry mengaku akan mengawasi pendistribusian BBM jenis solat bersubsidi. Dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina.

"Perihal kelangkaan solar ini, masih banyak masyarakat yang membeli menggunakan jerigen serta tangki minyak mobil yang sudah dimodifikasi," terang Dirkrimsus.


Polda Riau akan menindak tegas perusahaan yang kedapatan melakukan penampungan minyak BBM jenis solar bersubsidi.

"Siapapun yang membeli solar di luar solar industri, akan kita tindak tegas," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku siap memonitor kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Provinsi Riau.

Menurut Syamsuar, pemerintah dalam hal ini tetap mengatur agar kelangkaan BBM jenis solar tidak terjadi di semua daerah.

"Kami mengharapkan dukungan bagi pengendara yang sepantasnya tidak menggunakan solar bersubsidi," ujar Syamsuar saat menghadiri peresmian Rumah Kebangsaan, Senin, 15 Agustus 2022.

Penggunaan BBM jenis solar bersubsidi menurut mantan Bupati Siak dua periode ini, merupakan program pemerintah yang harus didukung.

"Jadi langkah kami tetap memonitor jika memang ada penyalahgunaan dari SPBU dalam menyalurkan," pungkasnya.