Urai Kemacetan, Dishub Tempatkan Personel di Titik Rawan Pagi dan Sore

jalan-macet.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, melakukan penempatan personel di titik rawan macet pada pagi dan sore hari seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Soebrantas dan Jalan Tuanku Tambusai.

 

"Jadi setiap waktu-waktu yang disinyalir akan terjadi kemacetan, itu petugas kami dalam forum lalu lintas apakah itu Satlantas ataupun anggota Dishub, akan ada di titik-titik tersebut," kata Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, Kamis 11 Agustus 2022.

 

"Kalau tak ada (personel Dishub di lokasi rawan macet) saya tegur itu, dan itu sudah ada jadwalnya," paparnya.

 

Sementara untuk rekayasa lalu lintas, kata Yuliarso,  pihaknya mesti berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dishub Provinsi dan juga Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

 

Pasalnya, titik-titik rawan macet tersebut sebagian besar berada di jalan nasional yang merupakan kewenangan Kemenhub dan jalan provinsi di bawah kewenangan Dishub Provinsi Riau.

 


"Jadi kalau jalan provinsi, forum lalu lintas Provinsi yang punya kewenangan. Kalaupun kita mau eksekusi, kita harus koordinasi dengan mereka. Kemudian kalau jalan nasional, kita koordinasi dengan Kemenhub," ulasnya.

 

 

 

 

Lebih lanjut ia mengatakan, kemacetan yang terjadi pada pagi hari lantaran tingginya mobilitas warga dari arah barat atau kawasan Panam menuju ke kota.

 

"Seperti itu juga pada sore. Pergerakan kendaraan meningkatkan dari arah kota ke Panam atau dari timur ke barat. Ini sudah kita buat pergerakannya, jadi pergerakan kendaraan Pekanbaru seperti itu," pungkasnya.