KKN Unri Gelar Sosialisasi Remaja dan Gadget Terhadap Siswa SMPN 3 Satu Atap Tualang

KKN-Mahasiswa-Unri.jpg
(Istimewa)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Maredan, Jumat 22 Juli 2022, mensosialisasikan mengenai remaja dan gadget terhadap siswa/i kelas VII di SMPN 3 Satu Atap Tualang.

Di zaman sekarang, kemajuan teknologi sudah mampu mempengaruhi kepribadian seseorang. Remaja sebagai harapan masa depan bangsa harus memiliki bekal yang cukup baik dalam kualitas maupun kuantitas. Untuk itu, perlu adanya upaya konkrit untuk mewujudkan generasi yang unggul.

Gadget atau gawai adalah sebuah teknologi yang membantu kegiatan manusia menjadi mudah dan praktis. Contoh dari gadget yaitu laptop, smartphone, ipad, ataupun tablet. Gadget juga dapat mempengaruhi perilaku sosial seseorang, hal itu tergantung bagaimana orang tersebut memanfaatkan gadget yang mereka gunakan. 


Tujuan diadakannya sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi dan pengetahuan bagaimana dampak positif dan negatif serta tips menggunakan gadget yang baik. Ketika pemateri menyampaikan materi, antusias siswa/i kelas VII sangat tinggi untuk menjawab. Tidak lupa juga moderator memberikan ice breaking agar mereka tetap semangat mendengarkan materi. 

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan pemateri adalah "berapa lama dalam sehari adik-adik bermain gadget?". Siswa kelas VII menjawab "5 jam dalam setiap hari".

"Dalam sehari sebaiknya adik-adik bermain gadget 1-2 jam saja karena akibat dari bermain gadget terlalu lama dapat merusak mata dan membuat adik-adik jadi tidak disiplin," ujar anggota KKN, Marsela Wulandari.

Di akhir sosialisasi, Reki selaku wakil kepala sekolah SMPN 3 Satu Atap Tualang mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Unri. Harapan beliau semoga dengan adanya sosialisasi ini siswa/i lebih bijak lagi menggunakan gadget untuk kedepannya di bawah pengawasan orang tua.