Bupati Alfedri Sambut Rombongan SKK Migas di Istana Siak

Bupati-Siak-sambu-SKK-Migas.jpg
(Istimewa)

 

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak menyambut kedatangan Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, dengan didampingi oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, bersama rombongan yang tiba di Kota Siak Sri Indrapura, Senin, 8 Agustus 2022. 

"Selamat datang di Kota Siak Sri Indrapura, Tanah kebanggaan Melayu dari dahulu hingga sekarang, kami selalu menjaga marwah daerah, budaya dan adat kami junjung, inilah Negeri Siak The Truly Malay,” kata Alfedri di halaman Istana Siak.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto juga membawa tim Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu dan Gas Bumi SKK Migas mengunjungi Istana peninggalan Sultan Siak dengan sebutan Asserayyah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur.

Sebelum memasuki Istana, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, terlebih dahulu dipakaikan Kain Samping atau Kain Tenun Khas Melayu oleh Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Kabupaten Siak, Datuk Wan Said.


Tampak kekaguman Dwi Soetjipto dan rombongan sembari berkeliling melihat-lihat koleksi peninggalan Sultan Syarif Kasim II, Sultan terakhir berkuasa dan menghibahkan mahkota Sultan dan turut memberikan sumbangan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Memang harus diakui kedaulatan Kerajaan Siak ini pada masanya, begitu banyak koleksi-koleksi Sultan Siak yang menampakan kebangsawananya di eropa sana dan sangat bernilai sejarah sampai masa sekarang ini", ungkap Dwi Soetjipto.

Kunjungan ini dalam rangka rangkaian kegiatan penyerahan kontrak baru alih kelola Blok CPP oleh Badan Operasi Bersama (BOB) kepada PT Bumi Siak Pusako, terhitung pada 9 Agustus 2022 sampai 9 Agustus 2042.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, acara serah terima kelola Blok CPP berlangsung di Balai Serindit, komplek kediaman Gubernur Riau, di Pekanbaru, Senin, 8 Agustus 2022, pukul 19.45 WIB. 

Di akhir kunjungan, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, dan rombongan dijamu makan siang bersama di kediaman Bupati Siak dan dilanjutkan dengan pemberian lukisan Sultan Syarif Kasim II serta tenun dan batik khas Siak.