9 Jemaah Haji Reaktif Setibanya di Kota Pekanbaru, Begini Nasibnya Sekarang!

Jemaah-haji7.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jemaah haji kloter penuh tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Rabu 3 Agustus 2022. Jemaah haji kloter BTH-6 EHA sampai di Asrama Haji EHA, Jalan Mekar Sari, pukul 03.00 dinihari.

 

Rombongan langsung menjalani test Rapid antigen setibanya di Pekanbaru. Ternyata sembilan dari 441 jemaah haji ini reaktif Covid-19. Mereka lantas menjalani isolasi mandiri.

 

"Dari 441 jamaah, ada sembilan yang reaktif. Karena itu langsung kita tindaklanjuti untuk test rapid PCR," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldi.

 

Zaini menyebut, sembilan orang yang reaktif isolasi mandiri di tempat masing-masing sembari menanti hasil PCR. Tim dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru tetap melakukan pengawasan.

 

"Sembilan orang ini rata-rata memang tak ada keluhan berat, hanya keluhan karena perubahan cuaca saja. Seperti batuk pilek saja, yang ringanlah tak ada yang berat," paparnya.

 


Hasil PCR pun langsung keluar hari ini juga. Sembilan orang yang awalnya reaktif, akhirnya dinyatakan negatif Covid-19. Mereka dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani Swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

 

"Setelah dilakukan Swab PCR, semua dinyatakan negatif Covid-19," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Riau, Zulkifli Syukur.

 

Setelah dinyatakan negatif Covid-19, sembilan jemaah haji tersebut diperbolehkan pulang ke rumah tanpa melakukan isolasi. Mereka pun bebas kembali tanpa isolasi.

 

"Mereka sempat reaktif karena mungkin kelelahan, tapi kondisi badan bugar tidak ada keluhan atau gejala," jelasnya.

 

Kedatangan rombongan disambut oleh Sekda Kota Pekanbaru, Kakanwil Depag, Ka Biro Kesra Pemprov Riau, Asisten I Setdako Pekanbaru dan Kabag Kesra Pemko Pekanbaru.

 

"InsyaAllah, jamaah haji kembali dalam keadaan sehat walafiat," ujar Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal yang turut hadir di penyambutan tersebut.

 

 

Namun diketahui, jumlah rombongan berkurang dari awal keberangkatan. Satu diantaranya meninggal dunia saat sedang berada di tanah suci pada Sabtu, 27 Juli 2022, lalu.

 

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan untuk jamaah haji Pekanbaru yang datang hari ini seharusnya 442 orang.

 

"Namun yang kembali hari ini hanya 441 orang, karena yang 1 jamaah ini meninggal karena sakit di tanah suci dan dikuburkan di sana," jelasnya.