Melayani Berbagai Jenis Vaksin, Mal Vaksin Bakal Dibuka di Pekanbaru

Vaksin-Booster-Ilust.jpg
(National Council on Aging via Grid.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau segera mengoperasikan Mal Vaksin. Pusat layanan vaksin tersebut yang berada di Jalan Melur, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Dibentuknya Mal Vaksin guna mendukung percepatan vaksinasi, terutama vaksinasi Covid-19. Pasalnya, capaian vaksinasi booster atau dosis ketiga di Kota Pekanbaru masih rendah, yakni hanya 30,44 persen.

Hal ini juga diakui Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Ia mengajak masyarakat melalui media massa untuk segera vaksin booster.

"Jadi kita sudah wacanakan hal itu, mal ini melayani semua jenis vaksin," ujarnya, Kamis 21 Juni 2022.

Dirinya mengatakan, operasional mal ini sedang dalam tahap proses. Ia mengaku Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga mempertimbangkan anggaran untuk operasional mal ini.


 

 

Lebih lanjut dikatakannya, mal tersebut juga melayani vaksinasi dasar lainnya bagi anak-anak. Ia mengatakan bakal melakukan bahasan lanjutan untuk menggesa operasional mal vaksin.

"Capaian vaksin pertama dan kedua sudah seratus persen lebih, tapi vaksinasi ketiga kita dorong untuk lakukan percepatan walau kasus covid sudah melandai," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, menyebut pihaknya siap menindaklanjuti rencana operasional mal vaksin. Menurutnya, mal ini juga menyediakan vaksinasi anak-anak yang mencakup campak hingga rubella.

Proses pembangunan mal vaksin sudah 50 persen. Mal vaksin akan beroperasi setiap hari pada rentang pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Masyarakat yang hendak mengakses mal ini cukup membawa kartu identitas..