Diresmikan Wagub Riau, 10 Ribu Pencari Kerja Geruduk Job Fair di Pekanbaru

Wagub-Edi-Natar.jpg
(Tika Ayu/RIAUONLINE.CO.ID)

 

LAPORAN: TIKA AYU

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar Job Fair untuk mengurangi jumlah pengangguran di Bumi Lancang Kuning, Selasa, 19 Juli 2022. Job Fair yang digelar di Prime Park Hotel Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, diikuti oleh 30 perusahaan.

Job Fair yang berlangsung tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau, Edi Natar.

Edi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan job fair jadi bagian tanggung jawab pemerintah dalam perluasan lapangan kerja.

"Juga peningkatan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja serta perlindungan tenaga kerja kondisi keamanan dan kenyamanan usaha," ujarnya.

Menurut Edi, masalah ketenagakerjaan di Riau masih kompleks. Dia menyebut, ada ketidakseimbangan antara pembangunan bangsa dan sumber daya manusia (SDM) yang baik dari segi mental dan fisik.


"Serta mempunyai keterampilan dan keahlian kerja dalam pembangunan nasional kebijakan ekonomi makro yang bertumpu pada sinkronisasi kebijakan fiskal dan moneter harus mengarah pada penciptaan dan perluasan kesempatan kerja," ungkapnya.

 

 

Sebab itu, kata Edi, diperlukan kebijakan-kebijakan yang saling mendukung dan bersinergi. Salah satunya, dengan menggerakkan semua unsur dan potensi daerah dalam menyusun kebijakan dan strategi agar program penanggulangan pengangguran di Provinsi Riau terlaksana.

"Dengan tolak ukur kebijakannya adalah upaya mencapai keberhasilan dalam perluasan kesempatan kerja ataupun penurunan pengangguran dan setengah pengangguran," tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Imron Rosyadi, yang turut hadir dalam kegiatan job fair mengatakan bahwa untuk kali pertama pasca Covid-19 job fair diikuti oleh 10 ribu pencari kerja.

"Ada 30 perusahaan yang terhubung dengan kesempatan tawaran kerja sebanyak 730 sampai 770 lowongan kerja," ungkapnya di lobby Hotel Primer Park.

Menurut pantauan Riau Online.co.id, kondisi halaman lobby Primer Park disesaki peserta pencari kerja. Hingga terlihat panitia sedikit kewalahan dengan jumlah massa yang ada. Sampai sebagian peserta ditempatkan di luar halaman lobi.

"Tolong duduknya dibaguskan, supaya lebih rapi," ujar salah satu panitia pelaksana di lapangan.