Tugu Gambus Siak Jadi Area Bermain Bocah, Pengendara: Kalau Tertabrak, Siapa Disalahkan?

Tugu-Gambus.jpg
(Hendra Dedafta/RIAUONLINE)


Laporan: Hendra Dedafta

RIAU ONLINE, SIAK - Tugu Gambus di Kabupaten Siak kerap menjadi tempat bermain anak-anak. Hal ini dikeluhkan oleh pengendara yang melintas di kawasan tersebut, karena dikhawatirkan terjadi .

Tugu Gambus berada di Jalan Sutomo menghubungkan Pasar Tradisional Belantik dan jalan Sapna Taruna, kerap jadi tempat bermain anak-anak kecil tanpa pengawasan orangtua. Hal ini memicu kekhawatiran pengendara akan terjadinya kecelakaan.

Dari pantauan video berdurasi 19 detik yang diperoleh RIAUONLINE, Kamis, 14 Juli 2022, tampak tiga orang anak sedang berenang di bawah Tugu Gambus. Mereka juga berlarian mengelilingi tugu serta menyoraki pengendara yang lewat.

Seorang pengendara, Anik, yang saat itu lewat Tugu Gambus mengaku khawatir akan keselamatan anak-anak yang bermain air. Pasalnya, anak-anak bermain di sekitar Tugu Gambus tidak berada di bawah kendari orangtua atau orang dewasa.

"Kalau tertabrak pengendara yang lewat siapa yang akan disalahkan," kata Anik.


 

 

Namun menurut pengendara lainnya, Deni, terkadang orangtua mengawasi anak-anak bermain di sekitar tugu tersebut.

"Setahu saya memang tidak rutin anak kecil bermain di situ, kadang juga ada yang didampingi orangtuanya sekedar berfoto menikmati keindahan Tugu Alat Musik Gambus".

Deni berharap, pemerintah atau dinas terkait mengimbau para orangtua untuk tidak bermain di sekitar Tugu Gambus tanpa pengawasan. Apalagi, kawasan tersebut padat kendaraan bermotor.

"Kan sayang banget tugu yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah serta menambah keindahan Kota Siak justru malah salah guna, apalagi sampai menimbulkan kecelakaan," ujar Deni.