Harganas XXIX, BKKBN Beri Bantuan Fasilitas di Sejumlah Posyandu Riau

BKKBN-Beri-Bantuan-Fasilitas-di-Sejumlah-Posyandu-Riau.jpg
(Tika Ayu/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peringati Hari Keluarga Nasional (Hartanas) XXIX pada Rabu, 13 Juli 2022, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Riau memberikan bantuan fasilitas di sejumlah Posyandu di Provinsi Riau, Rabu, 13 Juli 2022.

Bertempat di Balai Serindit, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, paket bantuan peralatan Posyandu ini dilakukan secara simbolis terhadap Posyandu yang layak menerima. Diwakili 2 Posyandu, yakni Posyandu Kasih Ibu Kelurahan Kandis dan Posyandu Harapan Bangsa Kelurahan Simpang Blutuh, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

"Penyerahan bantuannya secara simbolis berupa antropometri kit sebanyak 70 buah," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2AB) Riau, Fariza.

Salah satu penerima paket bantuan, Elvi Yanti, kader dari Posyandu Harapan Bangsa, Kelurahan Simpang Blutuh, mengatakan bahwa bantuan fasilitas alat penunjang posyandu yang diberikan sangat membantu kegiatan sweeping ke masyarakat.

"Biasanya kami menggunakan timbangan dan meteran yang tidak pas, jadilah penurunan (minat,red) posyandu," ungkapnya.

 


 

Elvi mengatakan bahwa bantuan ini berjalan selama 3 bulan. Seiring dengan bantuan tersebut, Elvi optimis, posyandu akan lebih maju.

"Alat-alat yang ada, kerja kami bisa jadi lebih akurat. Jadi kami sangat berterimakasih dengan Pertamina Hulu Rokan dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)," imbuhnya.

Elvi mengaku pasca terlengkapi antropometri di Posyandu Harapan Bangsa, layanan kesehatan masyarat mengalami kenaikan peminat.

"Sebelumnya sepi jika dibandingkan di tempat bidan, tapi sejak lengkap alat-alat posyandu ini ada kenaikan pengunjung hingga 50 persen," ucapnya.

Selain bantuan antripometri, juga terdapat sejumlah bantuan lain di antaranya bantuan berupa dana untuk promosi kesehatan, bantuan dana untuk program Posyandu Day.