Ini Dia Sapi Simental Jokowi untuk Kurban di Riau, Dibeli dari Peternak Pekanbaru

Sapi-Simental-Jokowi.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Sapi jenis Simental seberat 814 kilogram milik Afrizal di peternakan miliknya Jalan Purwodadi Ujung, Kecamatan Tuah Madani terpilih sebagai hewan kurban dari Presiden Joko Widodo.

Afrizal memiliki empat ekor sapi dengan bobot raksasa ini berjenis Limosin dan Simental.

Dirinya mengaku senang dan mengucap syukur karena sapi miliknya dipilih oleh Presiden RI, Joko Widodo sebagai hewan kurban tahun ini.

“Alhamdulillah tentu kita senang, kita bersyukur dan berterima kasih juga pada Dinas Peternakan yang telah memilih sapi kita,” terang Afrizal, Selasa, 5 Juli 2022.

Afrizal menambahkan, sapi miliknya dipilih karena memiliki keunggulan dari segi berat dan kesehatan.

“Memang lebih berat sapi ini kemudian lebih sehat, sebelumnya Balai Kesehatan sudah memeriksa sapi kita. Diperiksa darah dan kotorannya di labor,” tuturnya.


Dirinya menyebut, awalnya ia membeli sapi simental ini seharga Rp 36 juta. Kini sapi miliknya seharga Rp 70 juta di pasaran.

 

 

“Dibeli kemarin itu harga Rp 36 juta, sekarang ini harganya sudah Rp 70 juta,” kata Afrizal.

Jelang pelaksanaan kurban mendatang, sapi ini akan dibawa menuju Pondok Pesantren Babussalam, Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru untuk dipotong.

“Kita antar hari sabtu ke Pondok Pesantren Babussalam, di tempat ini kita ada empat ekor sapi ukuran besar, sapi limosin dan simental,” jelasnya.

Dari sisi perawatan, Afrizal mengaku, memberikan pakan-pakan pilihan agar hewan ternak miliknya memiliki bobot yang besar dan sehat.

“Untuk pakannya kita berikan tidak rumput biasa, melainkan batang jagung yang digiling dan difermentasikan itu yang kita berikan. Kemudian untuk cemilannya ada kulit pisang, ampas kedelai dan air rebusan tempe,” tutupnya.