PT RAPP Latih MPA Ukui Hadapi Karhutla

ADV-RAPP-SIAK.jpg
(Istimewa)

 

RIAUONLINE, UKUI - Guna meningkatkan kemampuan dalam menghadapi musim kemarau, Pemerintah Kecamatan Ukui bersama pihak kepolisian dan TNI menggelar pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (dalkarhutla) bersama personel kebakaran (fire fighter) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) wilayah Estate Ukui, Kamis, 23 Juni 2022 di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

 

Sebanyak 60 peserta pelatihan berasal dari rayon III karhutla Kecamatan Ukui antara lain Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Lubuk Kembang Bunga, Bagan Limau dan Silikuan Hulu beserta personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan tim pemadam kebakaran (damkar) Kecamatan Ukui.

 

Camat Ukui, Joko Hadi SZ SKM mengatakan, pelatihan dalkarhutla ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama anggota MPA mengenai teknis pemadaman di lapangan.


 

"Jika kita benar-benar menerapkan motto pantang pulang sebelum padam sehingga Ukui bebas dari karhutla. Oleh karena itu, terima kasih kepada PT RAPP Estate Ukui yang telah memfasilitasi pelatihan ini," ujar Camat yang didampingi Kapolsek Ukui, AKP Tatit Rizkyawan Hanafi dan Danramil 04/Pkl Kuras Kapten ARH H Simbolon.

 

Manajer Estate Ukui RAPP, Amron Budi Setiawan mengatakan RAPP mendukung fan bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla.

 

"Kita berkomitmen untuk menjaga hutan dan lahan dari karhutla dan kami mengapresiasi para peserta pelatihan dari tim kecamatan yang sangat antusias untuk belajar bersama-sama serta peduli terhadap bahaya bencana karhutla ini," ungkap Amron didampingi Askep Humas, Dina Trisnawati dan Askep Forest Protection, Rustam Napitupulu.

 

Ia menambahkan rangkaian kegiatan pelatihan ini selain memberi wawasan teknis pemadaman, namun juga memperkenalkan jenis dan fungsi dari seluruh alat yang digunakan ketika melakukan pemadaman.