Rangkaian HUT ke-238 Pekanbaru, Muflihun Ziarah ke Makam Marhum Pekan

Muflihun19.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kelompok rebana menyambut kedatangan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun bersama unsur forkopimda melakukan ziarah di Komplek Pemakaman Marhum Bukit, Rabu 22 Juni 2022.

 

Makam ini berada di Komplek Masjid Raya Pekanbaru Senapelan, Kota Pekanbaru. Ziarah tersebut menjadi satu rangkaian Peringatan Hari Jadi Pekanbaru yang jatuh pada, Kamis 23 Juni 2022.

 

Rombingan datang ke pusara itu dan mendoakan para pendiri Pekanbaru. Makam tersebut jadi tempat peristirahatan terakhir bagi Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal dengan sebutan Marhum Pekan. 

 

Sultan kelima di Kerajaan Siak ini merupakan  sosok sangat termasyur karena merupakan satu pendiri Kota Pekanbaru. Beliau mendirikan sebuah sebuah pekan atau pasar baru.


 

Pusat keramaian di tepian Sungai Siak ini menjadi cikal bakal berdirinya Kota Pekanbaru. Rombongan secara bergantian menaburkan bunga dan menyirami satu persatu pusara tersebut. 

 

Rombongan menaburkan bunga mulai dari pusara Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit. Untuk keseluruhan, ada enam pusara di bagian dalam komplek pemakaman itu.

 

Muflihun mengatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk penghormatan kepada para pendiri Kota Pekanbaru. "Sore ini rangkaian sampena HUT Pekanbaru, kita ziarah makam," ujarnya, Rabu sore.

 

 

 

Menurutnya, sesuai senarai yang disampaikan pengurus Masjid Raya Pekanbaru Senapelan  bahwa Pekanbaru sudah berdiri pada 23 Juni 1784 silam. Ia menyampaikan bahwa Pekanbaru kini sudah berusia 238 tahun. 

 

"Kita membuat acara ini untuk mendoakan para pendiri Pekanbaru, kita hanya bisa memberi doa," jelasnya usai menabur bunga di makam tersebut.