Inovasi Minyak Goreng, Syamsuar Tantang BUMD Lakukan Ini

Minyak-goreng26.jpg
(Haslinda/Riau Online)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau sudah mulai sehat. BUMD sudah mulai sehat ini ia nilai dari adanya wacana evaluasi perusahaan pelat merah yang tak sehat.

Karena dinilai sudah mulai sehat, Syamsuar meminta BUMD kembali berinovasi. Salah satunya dengan memproduksi minyak goreng dari kelapa.

“Kemarin saya tawarkan BUMD terkait minyak goreng. Sekarang kan kita sibuk buat minyak goreng dari sawit. Kenapa tak kita buat dari kelapa, sementara kita lihat kelapa kita banyak diekspor ke Malaysia," katanya.

Bukan tanpa alasan, Syamsuar mengaku pernah berdiskusi dengan pakar ekonomi syariah. Dimana, ada salah satu kawasan industri halal di Kepulauan Riau yang kini bergantung dengan hasil panen kelapa di Riau.

 


 

"Ada kawasan industri halal di Bintan, tapi kelapanya dari Riau. Jadi nanti ada BUMD kita minta buat kajian, kalau cocok coba cari mitra untuk kolaborasi bangun pabrik minyak makan dari kelapa. Sehingga nanti ada persaingan secara sehat," ujarnya.

Sebagai tindak lanjutnya, Syamsuar meminta perusahaan melaporkan hasil dari penelitian. Termasuk rencana membuat pabrik minyak goreng dari kelapa.

“Minyak goreng dari kelapa ini sebagai salah satu produk lokal Bumi Melayu,” pungkasnya.