Kota Pekanbaru Turun ke PPKM Level 1, Sejumlah Pertemuan Dilonggarkan

PPKM2.jpg
(cnbcindonesia.com)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru akhirnya turun level PPKM 1. Adanya penurunan ke PPKM level 1 setelah PPKM level 2 berakhir, Senin, 6 Juni 2022.

Penurunan level PPKM ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terkait penerapan PPKM. Rencananya penerapan PPKM level 1 di Kota Pekanbaru berlangsung hingga 4 Juli 2022 mendatang.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyampaikan bahwa penerapan PPKM di Kota Pekanbaru masih berlanjut. Namun, ada penurunan ke PPKM level 1 setelah Kota Pekanbaru menjalani PPKM level 2 selama beberapa tahap.

"PPKM masih berlanjut, tapi ada penurunan menjadi PPKM level 1 hingga beberapa pekan ke depan," terangnya, Selasa 7 Juni 2022.

Dia menyebutkan, selama PPKM level 1 ada sejumlah kelonggaran kegiatan bagi masyarakat. Pihaknya akan menyesuaikan dengan aturan PPKM level 1 sesuai arahan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Kalau untuk pesta sudah dibolehkan makan di tempat, kemudian untuk acara-acara juga sudah dilakukan pertemuan. Artinya kita menyesuaikan dengan aturan yang ada," sebutnya.


 

 

Dirinya menyebut, penurunan level PPKM karena terjadi penurunan drastis kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru selama Mei 2022. Tidak ada lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru selama dua pekan ini.

Kasus aktif Covid-19 di Kota Pekanbaru terhitung kemarin sudah nihil. "Jadi dari data satgas, kita pastikan kasus aktif kita nol atau tidak ada kasus," paparnya.

Selain penurunan kasus Covid-19, Jamil mengatakan bahwa capaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah mencapai target. Meski begitu, pihaknya tetap mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap diingatkan kepada masyarakat, meski sudah level satu tetap jugalah protokol kesehatan kita perhatikan. Kita masih level satu, belum lepas dari pandemi," katanya mengingatkan.

Kota Pekanbaru turun ke PPKM level 1 bersamaan dengan wilayah lainnya di Provinsi Riau. Di antaranya yakni Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Kepulauan Merati, Kuantan Singingi dan juga Kota Dumai.