Sambut HUT ke-238 Pekanbaru, CFD Bakal Kembali Digelar

Car-Free-Day-pekanbaru.jpg
(istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kegiatan Car Free Day (CFD) di Kota Pekanbaru rencananya bakal kembali digelar pada Juni 2022 mendatang. Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bakal berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait rencana itu.

"Kita bakal koordinasi dengan satgas sebelum kembali menggelar CFD," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, Senin, 30 Mei 2022.

Menurutnya, dinas berkoordinasi dengan satgas lantaran ajang CFD nantinya bakal memicu keramaian yang luar biasa. Pihaknya pun melakukan serangkaian persiapan guna memastikan CFD berlangsung dengan aman.

Dirinya mengatakan bahwa penerapan kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ini juga menanti arahan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru. Ia mengaku pemberlakuan HBKB nantinya sesuai dengan arahan dari Pj Wali Kota Pekanbaru.

 


 

Ajang CFD kembali digelar dalam rangka menyambut HUT ke-238 Pekanbaru. Ia menyebut bahwa untuk tahap awal dinas sudah menyampaikan usulan ini ke Pj Wali Kota Pekanbaru.

"Maka kita nanti bakal menyesuaikan jadwal CFD dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi terkini Kota Pekanbaru," jelasnya.

Gelaran CFD terhenti sejak pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020 silam. Penerapan HBKB ini biasanya berlangsung di sejumlah ruas jalan yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan Gajah Mada.

 

Kendaraan tidak boleh melintas selama penyelenggaraan CFD. Jadwal CFD berlangsung pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.