Resmikan PLTGU, Menteri ESDM: Ini Akan Meningkatkan Perekonomian di Riau

Menteri-ESDM-Resmikan-PLTGU.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) Arifin Tasrip meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau 275 MW di Tenayan Raya, Kamis, 12 Mei 2022.

“Kehadiran PLTGU di Provinsi Riau menjadi salah satu sumber daya energi listrik baru yang akan meningkatkan perekonomian di Riau, terutama dalam memenuhi kebutuhan listrik di seluruh wilayah Riau,” katanya.

Arifin Tasrip mengatakan, PLTGU yang dibangun oleh Medco ini menjadi salah satu industri yang tidak memiliki emisi yang besar. Emisinya lebih rendah bila dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya atau industri yang bergerak di bidang energi. Dimana emisinya hanya 400 gram, lebih rendah dua kali lipat dibandingkan Batubara.

“Emisi yang dikeluarkan dari energi listrik yang memanfaatkan gas lebih rendah daripada yang memakai batubara. Kita harapkan dalam masa transisi, sebelum energi terbarukannya masuk, bisa memanfaatkan gas terlebih dahulu,” ujarnya.


Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan, dengan beroperasinya PLTGU di Riau bisa dapat menambah pasokan ketersediaan listrik dan menjadikan Riau terang.

Hal itu sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat yang menginginkan listrik bisa sampai ke seluruh pelosok negeri.

“Ini salah satu langkah untuk menuju Riau terang 2022. Hadirnya PLTGU di Riau diharapkan kebutuhan energi listrik di Riau tercukupi, sehingga rasio desa berlistrik juga akan meningkat seiring ketersediaan energinya ada,” pungkasnya.