Mudik dengan Motor atau Mobil, 5 Hal Ini Wajib Harus Diperhatikan Pengendara

Mudik5.jpg
(liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan kalau tahun 2022 ini, masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman diperbolehkan.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, sekitar 40 juta orang diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi saat mudik.

Sebanyak 23 juta akan melakukan mudik menggunakan mobil dan 17 juta menggunakan sepeda motor.

Baik menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi (mobil atau motor), ada hal-hal yang wajib diperhatikan oleh pengendara yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Agar perjalanan mudik aman dan selamat, berikut RiauOnline.co.id merangkum point-pont tersebut, Senin, 25 April 2022.

1. Lakukan Perawatan Kendaraan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik.

Hal ini sangat penting sekali baik pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Pastikan pemudik mengecek komponen kendaraan mulai dari, oli, rem, kondisi mesin, ban, serta kelistrikan (aki).

2. Kemasi Barang yang Akan Dibawa Mudik Jauh-Jauh Hari.

Hal ini juga merupakan poin penting bagi pemudik. Selain dapat mempersiapkan waktu yang lebih panjang, pemudik juga tidak perlu takut lagi (buru-buru) ada hal atau barang yang tertinggal sebelum berangkat mudik.

Jangan lupa buat daftar barang bawaan yang akan dibawa saat berangkat mudik.

3. Jaga Kondisi Tubuh Pengendara


Ini poin sangat utama sekali, bagaimana tidak. Jika kondisi pengendara sedang tidak dalam kondisi prima, tentu perjalanan mudik bisa terganggu. Banyak istirahat agar tidak mengantuk dalam berkendara. Persiapkan obat dalam perjalanan jauh (Antimo).

Bila perlu, konsumsi vitamin C agar badan tetap Vit selama berkendara dan selamat sampai tujuan.

4. Pahami Rute Perjalanan Mudik.

Pemudik yang ingin pulang kampung, harus memahami rute yang akan dipilih jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan seperti macet.

Jika terjadi macet panjang dan parah, pemudik harus mencari rute jalan baru untuk menghindari kemacetan serta memudahkan pemudik untuk sampai lebih cepat.

Persiapan jaringan handphone yang terus terkoneksi dengan Internet, agar dapat mencari rute tercepat saat perjalanan mudik.

 

 

5. Pilih Kendaraan Sesuai Kebutuhan

Jika ingin mudik bersama anggota keluarga, pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Misalnya, mobil yang bagian dalamnya luas dengan kapasitas yang besar.

Jangan melebihi penumpang karena akan membahayakan pemudik. Kemudian, pilih juga kendaraan punya fitur-fitur yang bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang.