Sebanyak 4000 Stok Vaksin di Pekanbaru Mendekati Masa Kedaluwarsa

Zaini-Rizaldy14.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ribuan dosis vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru segara memasuki masa kedaluwarsa. Vaksin tersebut bakal habis masa pakainya pada 19 April 2022.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, sekitar empat ribu dosis jenis vaksin Coronavac bakal memasuki masa kedaluwarsa dalam beberapa hari ini. Vaksin ini harus segera digunakan untuk vaksinasi anak.

"Makanya kami sedang berupaya menggesa vaksin anak, bisa segera kita laksanakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy.

 

Dirinya tak menampik masih mengalami kendala di lapangan. Zaini menyebut, masih ada orangtua yang enggan memberi izin anaknya untuk vaksin.

Mereka pun berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru agar menfasilitasi dan mengedukasi para orangtua.

Zaini menyampaikan bahwa pasokan vaksin Covid-19 mencukupi. Ada 20.000 dosis vaksin yang tersedia di gudang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan fasilitas kesehatan.

Sejumlah jenis vaksin di antaranya Astrazeneca, Pfizer dan Coronavac. Pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang mengkoordinir lalu lintas vaksin.

 


 

"Kita sudah sepakat, apabila kabupaten atau kota lainnya belum habis digunakan, maka bisa dipakai dulu sehingga jangan sampai vaksin tidak termanfaatkan," paparnya.