Safari Ramadan ke Bengkalis, Syamsuar Beri Bantuan Rp 296 Milliar

Syamsuar296.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau (Gubri) dan Wakil Gubernur Riau melaksanakan safari ramadan ke-12 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Pada Jum’at, 10 April 2022, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melaksanakan safari ramadan di Kabupaten Bengkalis.

 

Dalam safari ramadan ini, ada banyak hal yang disampaikan Syamsuar. Mulai dari upaya pencegahan Covid-19 hingga konversi Bank Riau Kepri ke syariah.

 

 

 

Tidak hanya itu, Syamsuar juga memberikan bantuan kepada pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis sebesar Rp 296 milliar.  

 

Alokasi dana sebesar Rp296 miliar tersebut digunakan untuk bantuan dana desa, bantuan dana kecamatan, bantuan penangangan abrasi di pulau terluar.

 

"Termasuk juga untuk gaji guru bantu, bagi hasil pajak, bantuan rumah layak huni, dan beberapa kegiatan lainnya," katanya di Masjid Sabilillah Bengkalis.

 

Beberapa rincian  bantuan yang diberikan adalah bantuan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian bagi ASN kepada dua ahli waris. Jaminan ini sebesar Rp 42 juta.

 

Juga ada bantuan BPJS Ketenagakerjaan bagi pengurus Masjid Sabilillah Bengkalis. Pemberian unit bantuan rumah layak huni untuk masyarakat Bengkalis.

 


Bantuan lainnya adalah, penyerahan program kemitraan PT Bank Riau Kepri kepada Pemerintah Provinsi Riau untuk masjid dan mushola sebesar Rp 50 juta dan jam digital. 

 

Selain itu juga ada seribu paket Santunan Idul Fitri (SPSI) dengan total 1.432 senilai 500 juta se-Riau.

 

Usai memberikan arahan, Syamsuar melaksanakan tarawih dan witir di Masjid Sabillah. Sabtu, 9 April 2022, masih di Kabupaten Bengkalis, Syamsuar meninjau program padat karya di Desa Panampi, Kabupaten Bengkalis.

 

Syamsuar mengatakan, pelaksanaan program pelebaran jalan dengan sistem padat karya tersebut juga dalam rangka pemulihan ekonomi disaat pandemi Covid-19. Dimana pekerjaan pelebaran jalan tersebut menggunakan metode padat karya atau melibatkan masyarakat sekitar

 

Sabtu, 9 April 2022 malam, Syamsuar juga melaksanakan safari ramadan di Masjid Al-Hikmah Desa Tambusai Batang Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. 

 

Pada kesempatan safari ramadan ini juga, Syamsuar memberikan bantuan kepada masyarakat Desa Tambusai. 

 

Lebih lanjut, tak hentinya Syamsuar mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), terutama masker sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. 

 

“Meski diizinkan untuk melaksanakan ibadah dibulan suci ramadan ke masjid, prokes tetap dijaga,” ujarnya.

 

Selain itu, salah satu upaya menurunkan angka penularan Covid-19 adalah dengan melaksanakan vaksinasi. Apalagi vaksinasi booster di Riau masih dibawah 50 persen.

Syamsuar meminta masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk melaksanakan vaksin bagi yang belum dan bagi yang dosisnya belum tiga.

 

“Bahkan sekarang juga diberikan kesempatan untuk mudik. Pemerintah sudah mengamati, diperkirakan sekitar 86 juta warga Indonesia akan mudik. Namun demikian, pemerintah berharap, apabila kita mengikuti arahan ini, habis ramadan ini, mudah-mudahan tidak ada lagi Covid-19. Atau setidaknya jauh menurun dari kondisi saat ini,” pungkasnya.