Waduh, Ternyata Masih Ada 32.590 Anak di Pekanbaru Belum Divaksinasi

vaksin-anak-bawah-terget.jpg
(/Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Puluhan ribu anak di Kota Pekanbaru belum kunjung mengakses layanan vaksin. Mereka merupakan anak usia enam hingga sebelas tahun.

 

Ada 32.590 orang anak belum mendapat suntikan vaksin hingga saat ini. Sedangkan total jumlah anak yang harus mendapat vaksin sebanyak 103.017 orang.

 

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, capaian vaksinasi anak di Kota Pekanbaru masih di bawah 70 persen. Mereka yang sudah mendapat suntikan vaksin baru 68, 36 persen.

 

"Kita sedang berupaya menggesa vaksinasi anak di sekolah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Selasa 4 April 2022.

 

Menurutnya, tim vaksinasi tetap melakukan pemberian vaksin selama bulan Ramadan. Ia menilai upaya ini untuk mendorong percepatan vaksinasi bagi anak.

 


Dirinya mengakui bahwa capaian vaksinasi bagi anak-anak catatan khusus oleh tim vaksinasi. Pihaknya pun berkoordinasi dengan seluruh kepala SD dan SMP.

 

Mereka bisa kordinasi dengan puskemas di wilayahnya untuk percepatan vaksinasi. Sekolah nantinya bisa menggelar vaksinasi massal.

 

Zaini mengimbau agar orangtua tidak lagi menolak bila anaknya hendak vaksinasi. Apalagi sosialisasi sudah dilakukan selama dua tahun ini.

 

Tim vaksinasi nantinya bakal menggandeng TNI dan Polri. Mereka bisa menggesa vaksinasi dengan kerjasama puskemas.