Diikuti Peserta dari Jawa dan Kalimantan, GRS Gelar Webinar Literasi Baca Tulis

Gerakan-Literasi-Sekolah.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Provinsi Riau menggelar webinar literasi dengan mengusung tema Literasi Baca Tulis untuk Personal Branding, Rabu 30 Maret 2022. 

 

Webinar ini diikuti puluhan guru se-Riau bahkan dari luar Riau seperti Pulau Jawa dan Kalimantan. Selain pemaparan oleh pemateri, juga dibuka sesi diskusi dan tanya jawab. 

 

''Mengapa kami pilih tema Literasi Baca Tulis untuk Personal Branding, karena ini penting  khususnya bagi guru-guru. Kalau masing-masing guru sudah ada branding, ini luar biasa. Kita tidak meragukan kualitas lagi, terutama di bidang literasi ini,'' kata Ketua GLS Riau, Nurhafni. 

 

Hal senada juga diungkapkan Sastrawan, Kunni Masrohanti. Ia mengatakan pentingnya literasi untuk kecakapan hidup dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

 


''Untuk apa sibuk berliterasi tapi kesejahteraan tidak meningkat,  berarti ada yang salah. Literasi itu bukan hanya baca tulis, sangat luas artinya. Endingnya menuju inklusi sosial, kesejahteraan tadi. Bagaimana supaya literasi berjalan, terutama terkait kecakapan hidup, lakukan dengan cara kolaborasi, berkelompok atau dengan berkomunitas,'' kata Kunni. 

 

Sedangkan, Ketua Teratak Literasi, Pamula Trisna Suri yang turut hadir dalam kegiatan tersebut lebih banyak menceritakan pengalamannya sebagai pegiat literasi yang dituangkan dalam catatan-catatan penting terkait literasi yang mumpuni. 

 

''Sebagai guru penjas, saya melakukan literasi ketika mengajar, di luar jam pelajaran, di rumah dan di mana saja. Literasi bisa di mana saja, kapan saja dan tentang apa saja,'' tutupnya. 

 

 

Sebagai informasi, Webinar ini rutin dilaksanakan Forum GLS Riau.  Menghadirkan nara sumber Nurhafni selaku Ketua GLS Riau, Kunni Masrohanti, Sastrawan dan Pamula Trisna Sari selaku Pegiat Literasi. Dipandu oleh moderator Rahmi Fitriani selaku Kepala Sekolah TK Harapan Bangsa Muhajirin.