Setelah Afghanistan, 154 Pengungsi Rohingnya Bakal Ditempatkan di Pekanbaru

Pengungsi-Rohingya2.jpg
(AP Photo: Zik Maulana)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ada rencana 154 pengungsi Rohingya bakal ditempatkan di Kota Pekanbaru. Rencana ini menyusul wacana pemindahan pengungsi etnis Rohingya dari Bireuen.

 

Namun pemerintah kota masih belum memastikan lokasi penempatan sementara pengungsi ini. Mereka masih menanti hasil rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kopimda.

 

 

Pemerintah kota sudah mendapat surat dari Kemenkopolhukam. Surat itu meminta Kota Pekanbaru untuk mempersiapkan penerimaan pengungsi etnis Rohingya.

 

"Seharusnya hari ini kita bahas terkait surat dari  Kemenkopolhukam dalam rapat forkopimda, tapi rapatnya ditunda," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Kamis sore, 24 Maret 2022.

 

Menurutnya,rapat ini untuk menindaklanjuti surat tersebut. Ia menyebut bahwa Kota Pekanbaru bisa saja menerima atau tidak. Apalagi saat ini pemerintah kota belum ada persiapan jelang pemindahan.

 


 

"Nanti kita bahas dulu dalam rapat forkopimda, Kemenkopolhukam tentu memiliki pertimbangan memilih Kota Pekanbaru," tuturnya.

 

Dirinya menyebut pemerintah kota belum memastikan tindaklanjut surat tersebut. Mereka juga mempertimbangkan bila memang ada opsi lain terkait rencana pemindahan ini.