Dalam Sepekan, Firdaus Optimis Pekanbaru Level 1: Kasus Naik tapi Melamban

Firdaus57.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru saat ini masih menerapkan PPKM level 3 hingga 28 Februari mendatang. Pemerintah Kota (Pemko) menargetkan pekan depan bisa turun kembali ke level 1.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan bahwa Pemko berupaya menekan sebaran kasus Covid-19. Apalagi kasus aktif saat ini mencapai 3.290 kasus.

"Kondisi kasus kita bergerak naik, tapi kecepatannya sudah mulai melamban. Harapan kita Senin sampai minggu depan kita bisa turun kembali ke PPKM level 1," jelasnya, Senin 21 Februari 2022.

Kota Pekanbaru juga menjadi perhatian pemerintah pusat karena kasus Covid-19 sedang bergerak naik. Pihaknya pun berupaya menggesa vaksinasi bagi masyarakat.

"Kita memberikan edukasi kepada masyarakat. Masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksin," ujarnya.

Ia meminta agar Tim Satgas lebih solid lagi dalam memantau penerapan protokol kesehatan. Mereka juga bisa memberi edukasi kepada masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sementara itu, tim Dinas Kesehatan mendapati banyak kontak erat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi ini membuat kasus harian pun cenderung meningkat. Satu hari kasus Covid-19 pada akhir pekan kemarin mencapai 499 kasus.


 

Kadiskes Pekanbaru, Zaini Rizaldy menyampaikan, saat ini interaksi pasien terkonfirmasi tidak berasal dari luar kota. Mereka justru tertular dari pasien yang terkonfirmasi lebih dahulu.

Tim juga mendapati kebanyakan yang terkonfirmasi positif berasal dari klaster keluarga. "Klaster keluarga ini muncul karena satu anggota keluarga tertular dari kontak dengan pasien positif di sekitarnya," pungkasnya.