Meski Kasus Covid-19 Meroket, Keterisian RS di Pekanbaru Hanya Lima Persen

zaini-rizaldy8.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mendata Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di seluruh rumah sakit Kota Pekanbaru masih mencukupi.

Keterisian tempat tidur di rumah sakit dibanding kasus yang ada hanya lima persen. Kondisi ini sesuai dengan jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit.

Ada 103 pasien terkonfirmasi Covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit. Untuk total ruang isolasi yang tersedia mencapai 812 tempat tidur. Ruang isolasi ini tersedia di 23 rumah sakit pemerintah dan swasta.

"Jadi untuk keterisian tempat atau BOR kita di rumah sakit hanya lima persen," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Kamis 17 Februari 2022.


Menurutnya, kondisi BOR pada saat ini lebih rendah atau lebih sedikit dibanding varian Delta. Saat kasus varian Delta meningkat kondisi rumah sakit penuh dengan pasien yang terkonfirmasi.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan seluruh rumah sakit pemerintah dan swasta. Dinas juga menyurati pihak rumah sakit agar jangan sekali-kali mengalihkan tempat tidur isolasi Covid-19 dengan tempat tidur pasien umum.

Dari total tempat tidur yang ada, pihak rumah sakit harus menyediakan minimal 50 persen untuk pasien isolasi Covid-19. Mereka juga harus menyediakan ruang isolasi dan ICU khusus pasien Covid-19.

"Kami juga memastikan ketersediaan obat dan oksigen di rumah sakit, puskemas serta IFK mencukupi," paparnya.