Enam Upaya Penanggulangan Covid-19 Varian Omicron di Riau

enam-upaya.jpg
(muthi/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan enam upaya yang akan dilakukan di Provinsi Riau mencegah penyebaran Covid-19 varian omicron.

Upaya pertama, rumah sakit rujukan dan tempat isolasi terpusat di provinsi maupun di kabupaten dan kota di Riau harus menyediakan obat-obatan yang cukup. Daerah juga harus memastikan kesiapan tenaga medis.

"Upaya kedua, Satgas yang telah ditunjuk melakukan kerjasama dengan perusahaan penyedia oksigen di wilayah Riau untuk memastikan ketersediaan oksigen," katanya saat rapat Satgas Covid-19 Provinsi Riau bersama Satgas kabupaten/kota di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa, 18 Januari 2022.

Syamsuar menjelaskan, upaya ketiga meningkatkan vaksinasi pertama, kedua, dan vaksin booster.

Termasuk juga meningkatkan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun.


Selain itu, upaya keempat yang tidak bisa diabaikan adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Lebih lanjut, Syamsuar menyebutkan, untuk upaya kelima, perlu adanya pengawasan wilayah pesisir Riau dari adanya imigran illegal yang masuk wilayah Riau atau adanya WNI secara ilegal ke Malaysia.

Hal ini sesuai dengan surat Menteri Luar Negeri yang ditujukan kepada Panglima TNI dan Kapolri tanggal 20 Desember 2021 No.484/WN/12/2021/10/01 dengan No.485/WB/12/2021/10/01.

"Upaya keenam, Pemprov Riau menyiapkan tempat karantina bagi jemaah umrah yang kembali dari tanah suci," pungkasnya.

Diketahui, Syamsuar mengadakan rapat pertemuan dengan Satgas Covid-19 Provinsi Riau bersama Satgas kabupaten/kota di Gedung Daerah Balai Serindit.

Dalam rapat ini, turut dihadiri oleh Kapolda Riau, Kakanwil Riau, Kapinda Riau, dan stake holder lainnya. Untuk Satgas Covid-19 di kabupaten/kota sendiri menghadiri rapat ini via zoom meeting.