Gepeng Menjamur di Pekanbaru, Kadinsos Sebut karena Terbiasa Diberi Uang

Gepeng3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Keberadaan gelandangan dan pengemis atau gepeng masih kian menjamur. Banyak gepeng ditemui di sejumlah persimpangan ruas jalan Kota Pekanbaru.

 

Keberadaan gepeng juga membuat risih sejumlah pengguna jalan. Belum lagi banyak dari mereka yang meminta-minta di jalanan.

 

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus memandang kondisi ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat. Gepeng kerap diberikan sumbangan berupa uang ataupun makanan oleh masyarakat.

 

 

Menurutnya, kebiasaan masyarakat yang gemar memberikan sumbangan kepada pengemis di jalanan jadi satu faktor menjamurnya pengemis di berbagai ruas jalan Pekanbaru.

 


"Kita mengimbau kepada masyarakat agar tidak memberikan sumbangan kepada pengemis di jalanan," terangnya, Sabtu 15 Januari 2022.

 

Idrus mengapresiasi masyarakat yang dengan ikhlas memberikan bantuan. Namun ia mengimbau agar masyarakat menyalurkan bantuan kepada lembaga yang telah ditentukan.

 

 

"Salurkanlah infaq, sedakah dan zakat itu ke Baznas Kota Pekanbaru. Kalau kita tetap memberikan sedekah kepada mereka, berarti kita menginginkan mereka tetap menjadi pengemis di jalanan," ujarnya.

 

Dia mengatakan, dalam waktu dekat Dinsos akan duduk bersama dengan instansi terkait membahas rencana penertiban gepeng di Kota Pekanbaru.