Ratusan Pengungsi Afghanistan Serbu Kantor Kanwil Kemenkumham Riau

pengungsi-afghanistan5.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Ratusan imigran Afganistan menyerbu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Riau jalan jenderal Sudirman, Pekanbaru, Selasa, 11 Januari 2022.

Sebagian dari mereka membawa poster berisi pesan minta perlindungan. Selain itu, ada tulisan lain sebagai bentuk protes agar dipulangkan ke negara ketiga.

Pantauan RiauOnline.co.id, terlihat semua usia, anak-anak, orangtua dan anak muda ikut dalam aksi demo ini.

Ratusan imigran Afganistan menyerbu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Riau jalan jenderal Sudirman, Pekanbaru, Selasa, 11 Januari 2022/DEFRI CANDRA /Riau Online

Selain itu, pihak kepolisian ikut mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan dari MP Pekanbaru menuju arah Tugu Zapin Pekanbaru.

 

Sebelumnya Kepala Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Muhammad Tito Andrianto, mengatakan para imigran selama ini telah diberi fasilitas. Keamanan dan kehidupan di tempat pengungsian juga telah terjamin.


"Semua sudah aman, makan, tinggal juga terjamin di pengungsian. Ya mereka aksi biasa, ingin mempertanyakan soal nasib mereka," kata Tito.

Tito mengatakan para imigran meminta dipindahkan ke negara ketiga. Namun, belum ada kepastian negara yang menerima sehingga pemindahan mereka tertunda.

 

 

 

"Minta pindah ke negara ketiga, tapi belum bisa dipastikan negara yang menerimanya. Belum ada informasi dari UNHCR bahwa mereka diterima di negara ketiga. Mereka kembali ke negara asal juga tidak mau, kalau mau pasti dikembalikan," tegas Tito.