5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru

Lempuk-durian4.jpg
(DKP Bengkalis)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU– Salah satu kota industri yang ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah kota Pekanbaru.

Kota ini cukup maju dan berkembang, dengan kemudahan moda transportasi bagi para wisatawan untuk masuk kota Pekanbaru, kota ini cukup ramai dikunjungi karena beragam keunikan seperti makanan khas, tempat wisata hingga oleh-oleh yang unik dan menarik.

Jika anda hendak untuk berkunjung ke kota Pekanbaru, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru. Ada banyak pilihan yang bisa anda beli.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, 5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru, simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Lempuk durian

Lempuk durian merupakan salah satu makanan khas Riau yang terbuat dari buah durian, texture makanan ini sama seperti dodol. Rasa manis, gurih berpadu dengan aroma dan harum khas dari buah durian membuat para penggemarnya tidak akan melewatkan olahan nikmat ini.

 

Anda bisa memilih ih olahan yang paling populer yang ada di Pekanbaru yaitu lempuk durian khas Bengkalis. Anda dengan mudah dapat menemukan lempuk durian khas Bengkalis ini karena, Bengkalis merupakan daerah penghasil durian paling banyak di provinsi Riau.

Lempuk durian ini sudah menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib untuk Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Pekanbaru.


 

  1. Bolu kemojo

Salah satu pilihan oleh-oleh andalan kota Pekanbaru adalah bolu kemojo. Bolu kemojo merupakan makanan khas Riau yang bisa dengan mudah kamu jumpai di ketika kamu berkunjung ke Pekanbaru.

Bolu kemojo sudah populer sejak 15 tahun yang lalu, bolu ini memiliki rasa yang lembut dengan aroma pandan yang begitu kuat menjadikan bolu ini cukup populer.

Rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut menjadikan boleh ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung. Hampir di seluruh kota ta dengan mudah kita menemukan bolu kemojo ini karena bolu kemojo merupakan salah satu ikon kuliner yang wajib untuk wisatawan cicipi.

Jika anda ingin membawanya untuk oleh-oleh Anda bisa membeli beberapa varian rasa lainnya yaitu kacang hijau durian labu kuning keju dan masih banyak lagi, dengan kisaran harga rp15.000 sampai rp20.000 bungkus. Dengan harga yang terjangkau anda sudah bisa membeli bolu kemojo yang nikmat untuk dijadikan oleh-oleh.

 

  1. Keripik nanas

Indonesia, 5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru selanjutnya adalah keripik nanas. Nanas merupakan buah tropis yang dimiliki oleh hampir semua tempat termasuk di provinsi Riau dengan potensi budidaya tanaman nanas yang cukup banyak. Salah satu olahan nanas yang cukup populer adalah keripik nanas.

Aroma dan cita rasa nanas yang manis dan asam ini tetap bertahan ketika dijadikan olahan keripik, meskipun di goreng hingga kering. Keripik nanas ini sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh, karena keunikan rasanya dan keripik nanas ini relatif lebih tahan lama.

 

  1. Dodol kedondong

Kedondong merupakan salah satu buah yang paling sering dijadikan sebagai buah untuk rujak karena memiliki rasa yang segar. Kesegaran buah kedongdong diubah oleh masyarakat Pekanbaru menjadi makanan yang cukup familiar yaitu dodol.

Dengan inovasi mengubah buah kedondong menjadi dodol menjadikan olahan makanan ini unik. Dengan rasa dodol yang manis dan memiliki rasa asam dari buah kedondong. Perpaduan rasa inilah yang menjadikan dodol kedondong list wajib Anda ketika mencari oleh-oleh.

 

  1. Lopek bugi

Lopek bugi merupakan salah satu makanan khas Kampar, yakni salah satu kabupaten yang ada di provinsi Riau. Topik yang bermakna lepat dan bumi yang merupakan sebutan untuk beras ketan yang ditumbuk.

Sehingga digabungkan makna kelopak bunga adalah lepat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus kemudian dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan khas, rasa manis legit yang berasal dari beras ketan dipadukan dengan isian gula menjadikan makanan ini sangat istimewa.

Terbuat dari beras ketan menjadikan makanan ini cukup mengenyangkan. Anda bisa menemukan panganan ini di Kota Pekanbaru dengan harga yang relatif murah.

Sekian informasi mengenai Indonesia, 5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.