Resep Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

es-laksamana-mengamuk4.jpg
((instagram.com/reseppraktisharian))

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Es Laksamana mengamuk merupakan minuman dingin khas Riau yang manis dan segar.

Es Laksamana mengamuk berisi mangga kweni yang harum dan manis, disajikan dengan sirup gula dan kuah santan yang creamy.

Ditambah daging kelapa muda yang nikmat dan biji selasih menambah tekstur unik pada minuman ini. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Riau, Resep Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau, simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Es Laksamana Mengamuk

Konon dahulu kala es Laksamana mengamuk ini lahir dari sebuah cerita tentang terjadinya konflik dalam keluarga, seorang Laksamana dikisahkan mengamuk di perkebunan mangga kweni. Perkebunan tersebut milik seorang tuan tanah.

 


Laksamana mengamuk karena istrinya dibawa lari pemilik kebun mangga kuweni itu. Kemudian sang laksmana menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru sampai puluhan buah mangga kweni hancur akibat kemarahannya.

Setelah meluapkan kemarahannya, orang di sekitar kebun mengambil buah mangga kweni yang telah terhampar. Saat mengambilnya orang kebingungan untuk apa buah mangga kweni yang telah terpotong itu.

Sampai kemudian ada seorang wanita mencampurkan buah mangga kweni dengan santan, serta gula merah maka jadilah minuman segar yang langsung dinikmati seluruh masyarakat kampung. Itulah kenapa minuman ini dinamakan Es Laksamana Mengamuk.

Berikut bahan dan cara pembuatan Es Laksamana Mengamuk:

Bahan

  1. 1 kg mangga kweni matang, potong dadu
  2. 400 g daging buah kelapa muda, kruk memanjang
  3. 1sdt biji selasih, rendam dalam air hingga mengembang dan tiriskan
  4. Es batu
  5. 800 ml santan kelapa
  6. 1sdt garam
  7. 10 lembar daun pandan, ikat simpul
  8. 500 ml air
  9. 500 g gula pasir

 

Cara membuat :

  1. Kuah santan: rebus santan, daun pandan, lalu masukkan garam ke dalam panci, sambil diaduk-aduk hingga mendidih, kemudian angkat dan dinginkan
  2. Sirup gula: rebus air, masukkan gula pasir, lalu masukkan garam serta daun pandan hingga mendidih dan tunggu hingga gula larut, kemudian angkat dan dinginkan
  3. Penyajian: masukkan mangga, kelapa muda dan selasih dalam gelas saji. Kemudian tambahkan sirup gula dan es batu sesuai selera. Setelah itu siram dengan kuah santan.

Es Laksamana mengamuk yang manis dan segar siap dinikmati bersama keluarga tercinta di rumah.

Sekian informasi mengenai Riau, Resep Membuat Es Laksamana Mengamuk Khas Riau. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Sumber : Cookpad.com