Sigit Yuwono Minta Kontraktor Beri Kompensasi Warga Terdampak Proyek IPAL

kunlapp.jpg
(muthi/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pasca kunjungan lapangan (kunlap) terkait pengerjaan proyek galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono meminta kontraktor pelaksana memberikan jaminan kompensasi kepada warga yang sudah dirugikan.

Kompensasi ini dinilai sebagai bentuk tanggung jawab atas banyaknya kerugian yang dialami warga setempat. Beberapa kerugian di antaranya akses jalan rusak, rumah retak, banjir, hingga ekonomi terganggu.

“Pihak kontraktor menutup akses jalan. Tentu banyak usaha yang tutup. Kita yang jelas itu minta kompensasinya seperti apa. Jangan tidak ada kompensasi, kasihan masyarakat tidak bisa usaha karena jalan ini ditutup," katanya, Jum’at, 10 Desember 2021.

Politsi Demokrat ini mengaku prihatin melihat ekonomi warga setempat yang merosot. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini.


Usaha-usaha warga setempat menjadi sepi, bahkan tutup terimbas proyek IPAL.

"Masyarakat ini kan cari makan di sini. Seharusnya kedai-kedai ini laku disewa. Tapi, akhirnya sudah satu tahun lebih tidak ada yang menyewa," ucapnya.

Lebih lanjut, Sigit berharap pengerjaan galian IPAL ini dapat segera diselesaikan oleh pihak kontraktor.

“Siapa sih yang mau buka usaha di sini kalau jalannya ditutup. Maka dari itu, kita minta pengertian dari pihak kontraktor untuk membantu masyarakat yang terkena efek karena jalan ditutup ini hampir satu tahun," pungkasnya.